BCA Bagikan Dividen Rp 17,9 Triliun

RUPST BCA: Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (tiga dari kanan), memimpin Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), yang dihadiri jajaran Direksi dan Komisaris, di Menara BCA, Jakarta, Kamis (17/3). DOK.BCA/RADARBEKASI.ID.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST),  dan memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 145 per saham, atau total Rp 17,9 triliun.

“Sehubungan dengan laba bersih yang diperoleh Perseroan dalam tahun buku 2021, yaitu sebesar Rp 31,4 triliun, RUPST menetapkan penggunaan laba bersih tersebut, antara lain untuk dibagikan sebagai dividen tunai sebesar Rp 145,00 per saham,” seperti dikutip dalam keterangan tertulis RUPST BCA, Kamis (17/3).


Dividen tunai tersebut, sudah termasuk dividen interim tahun buku 2021 sebesar Rp 25,00 per saham, yang telah dibayarkan oleh perseroan kepada para pemegang saham, pada 7 Desember 2021 lalu.

Sehingga sisanya, sebesar Rp 120,00 per saham, akan dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal yang akan ditetapkan oleh Direksi Perseroan.


Adapun hasil RUPST tersebut, menyetujui Laporan Tahunan Perseroan, termasuk Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan, untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021.

Sehubungan dengan disetujuinya laporan-laporan tersebut, RUPST juga memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge), kepada anggota Direksi, atas tindakan pengurusan dan kepada anggota Dewan Komisaris, atas tindakan pengawasan yang dilaksanakan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021.

Gregory Gantikan Suwignyo Budiman

Pada RUPST itu, BCA juga memutuskan pengangkatan Gregory Hendra Lembong sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan. Berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya, setelah Perseroan menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atas pengangkatan tersebut, dengan masa jabatan sampai dengan ditutupnya RUPST Perseroan yang akan diselenggarakan pada 2026 mendatang.

Gregory menggantikan Suwignyo Budiman, yang berakhir masa jabatannya sebagai Wakil Presiden Direktur BCA.

Perseroan mengucapkan terima kasih, serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Suwignyo Budiman, atas jasa-jasa dan kontribusi yang telah diberikan selama menjabat sebagai anggota Direksi Perseroan.

RUPST BCA juga memutuskan mengganti Direktur yang membawahi fungsi kepatuhan Perseroan, yang semula dijabat oleh Haryanto Tiara Budiman, menjadi Lianawaty Suwono.

Penggantian itu berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya, setelah Perseroan menerima persetujuan OJK, atas pengangkatan Lianawaty Suwono sebagai Direktur, yang membawahi fungsi kepatuhan Perseroan.

Dijelaskan, masa jabatan Lianawaty Suwono sebagai Direktur yang membawahi fungsi kepatuhan perseroan, juga sampai dengan ditutupnya RUPST Perseroan, yang akan diselenggarakan pada 2026.

Selanjutnya, RUPST mengangkat Antonius Widodo Mulyono, sebagai Direktur Perseroan yang berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya, setelah perseroan menerima persetujuan OJK, atas pengangkatan tersebut, dengan masa jabatan sampai dengan ditutupnya RUPST Perseroan, yang akan diselenggarakan pada 2026. (bis)

Susunan Komisaris dan Direksi BCA:

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris : Djohan Emir Setijoso
Komisaris : Tonny Kusnadi
Komisaris Independen : Cyrillus Harinowo
Komisaris Independen : Raden Pardede
Komisaris Independen : Sumantri Slamet

Direksi
Presiden Direktur : Jahja Setiaatmadja
Wakil Presiden Direktur : Armand Wahyudi Hartono
Wakil Presiden Direktur : Gregory Hendra Lembong
Direktur : Subur Tan
Direktur : Rudy Susanto
Direktur (yang juga merupakan Direktur yang membawahi fungsi Kepatuhan): Lianawaty Suwono
Direktur : Santoso
Direktur : Vera Eve Lim
Direktur : Haryanto Tiara Budiman
Direktur : Frengky Chandra Kusuma
Direktur : John Kosasih
Direktur : Antonius Widodo Mulyono

 Sumber: Humas BCA