Menteri BUMN Dorong TelkomGroup jadi Tulang Punggung Ekonomi Digital Indonesia

BERI SANTUNAN: Menteri BUMN, Erick Thohir, didampingi Komisaris Utama Telkom, Bambang Brodjonegoro, dan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyerahkan secara simbolis santunan kepada 1.000 anak yatim, sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI 2022, berupa uang tunai dan bantuan kuota belajar dalam acara Safari Ramadan Menteri BUMN 1443 H, ke kawasan The Telkom Hub, Rabu (6/4). DOK.TELKOM/RADARBEKASI.ID
BERI SANTUNAN: Menteri BUMN, Erick Thohir, didampingi Komisaris Utama Telkom, Bambang Brodjonegoro, dan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyerahkan secara simbolis santunan kepada 1.000 anak yatim, sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI 2022, berupa uang tunai dan bantuan kuota belajar dalam acara Safari Ramadan Menteri BUMN 1443 H, ke kawasan The Telkom Hub, Rabu (6/4). DOK.TELKOM/RADARBEKASI.ID

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, didampingi Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, melaksanakan Safari Ramadan ke kawasan The Telkom Hub, Rabu (6/4). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komisaris Utama Telkom, Bambang Brodjonegoro, Dewan Komisaris dan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah beserta jajaran.

Dalam kunjungannya, di hadapan lebih dari 1.000 karyawan milenial TelkomGroup, Erick menyampaikan motivasi dan harapannya untuk talenta masa depan Indonesia.


“Potensi ekonomi digital Indonesia mencapai Rp 4.500 triliun yang jauh lebih cepat delapan kali dari pertumbuhan Gross Domestic Product  (GDP) negara, dan ini akan menjadi lokomotif besar. Dalam memaksimalkan potensi ekonomi digital tersebut, terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu sumber daya manusia demi terwujudnya knowledge based economy. Kedua, ekosistem yang sedang kita bangun dengan luar biasa. Yang terakhir, kemauan keberpihakan atau nasionalisme,” ucap Erick dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi.id, Kamis (7/4).

Lanjut Erick, saat ini BUMN di Indonesia baru memiliki total 1 persen digital talent, sedangkan minimal total yang dibutuhkan adalah 20 persen.


“Untuk itu, Telkom dan Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi dengan talenta digital terbaik yang ada, harus menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia, dengan berbagai inovasinya. Sebab, dengan terus berinovasi, ekosistem digital Indonesia bisa dimiliki kembali oleh negeri ini,” harap Erick.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN didampingi Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyerahkan santunan kepada 1.000 anak yatim sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI 2022, berupa uang tunai dan bantuan kuota belajar.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN bersama Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dan Direktur Utama Mandiri, Darmawan Junaidi, meluncurkan voucher fisik Telkomsel, dan kartu E-Money Mandiri dengan edisi karakter Bumilangit untuk mendukung industri kreatif Indonesia.

Peluncuran kartu e-Money dengan desain karakter Bumilangit ini, memiliki latar belakang lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia, yaitu Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo, dan Likupang.

Sebagai bentuk silaturahmi dengan karyawan TelkomGrup, Menteri BUMN bersama jajaran Direksi Telkom, juga berkunjung dan berbincang dengan anggota komunitas yang ada di lingkungan TelkomGroup, di antaranya tim basket, komunitas fotografi, sepeda, vocal group, futsal, sepak bola, yoga, dan komunitas foto.

Bahkan, Menteri BUMN menyempatkan bergabung dalam sesi rekaman podcast DigiMove bersama Chief Operating Officer Melon Indonesia, serta meluncurkan playlist Erick Thohir, yang tersedia di platform Langit Musik. DigiMove merupakan talkshow dengan kemasan podcast yang membahas produk/layanan/program anak perusahaan TelkomGroup, dipandu dan dapat disaksikan di website digitalbisa.id.

“Menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi kami keluarga besar TelkomGroup, khususnya milenial, dapat bertatap muka dan memperoleh afirmasi positif dari Menteri BUMN, pada kegiatan Safari Ramadan kali ini. Dan tentu menjadi motivasi bagi TelkomGroup, untuk terus tumbuh dan memberikan yang terbaik sebagai lokomotif dalam mengakselerasi digitalisasi Indonesia demi memberikan keberlimpahan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai rasa syukur atas hadirnya bulan Ramadan, tidak lupa TelkomGroup melaksanakan kegiatan berbagai melalui penyerahan santunan untuk anak yatim, yang diharapkan dapat menjadi manfaat dan berkah,” ucap Ririek.

Sekadar diketahui, Safari Ramadan Menteri BUMN ini, merupakan bagian dari Program Ramadan Kementerian BUMN, dengan tema “Bersih (Memberi dan Mengasihi) Ramadan” yang dilakukan selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H/2022 M. (bis)