Luar Biasa, Bilqis Hajar Pemain Nomor Satu Dunia Akane Yamaguchi

Bilqis Prasista sukses mengalahkan tungga pertama Jepang Akane Yamaguchi. Foto: PBSI

RADARBEKASI.ID,BANGKOK – Luar biasa Bilqis Pasista. Tunggal pertama tim Uber Indonesia berperingkat 333 dunia membuat kejutan dengan mengalahkan pemain nomor 1 dunia asal Jepang Akane Yamaguchi.

Bentrok melawan Jepang di babak penyisihan Grup A Piala Uber di Impact Arena, Bangkok, Thailand itu membuat Indonesia untuk sementara unggul dengan skor 1-0 berkat kemenangan Bilqis dua set langsung 21-19, 21-19.


Hari ini, tim Uber Indonesia bentrok melawan Jepang untuk penentuan juara Grup A. Tim pelatih sengaja menurunkan formasi yang berbeda melawan tim setangguh Jepang.

Tunggal putri Bilqis Prasista dan Lanny Tria Mayasari di sektor ganda tetap dibutuhkan untuk melawan Jepang. Selebihnya, tim pelatih akan menurunkan pemain baru yang belum sempat dimainkan saat bersua Prancis dan Jerman.


Bilqis yang sebelumnya selalu tampil dalam partai penutup, kini tampil sebagai tunggal pertama. Dia harus berjibaku melawan Akane Yamaguchi.

Duel antara Bilqis dan Akane ini ibarat duel antara gajah dan semut. Bilqis yang kini menduduki peringkat ke-333 ternyata mampu meredam kedigdayaan Akane yang lebih berpengalaman.

Partai ganda pertama, Indonesia akan diwakili Melani Mamahit/Tryola Nadia yang akan menghadapi Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Tasya Farahnailah akan menjadi wakil Indonesia selanjutnya untuk berlaga dalam partai tunggal kedua. Pebulu tangkis peringkat ke-355 ini akan menghadapi kapten tim Jepang Sayaka Takahashi yang bertengger pada peringkat ke-13.

Pada ganda kedua, Lanny yang sebelumnya berpasangan dengan kapten Tim Uber Indonesia Nita Violina Marwah, kali ini akan berduet dengan Jesita Putri Miantoro.

Pasangan Lanny/Jesita akan bertemu dengan Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto.

Dalam laman resmi BWF, seluruh wakil Indonesia akan menjalani pertemuan perdana menghadapi lawan-lawan dari Jepang, termasuk Siti Sarah Azzahra yang akan menjadi pemain tunggal dalam partai terakhir.

Pebulu tangkis peringkat ke-127 asal Jepang, Riko Gunji, akan menjadi lawan Siti pada partai tunggal ketiga.

Berikut susunan pertandingan penyisihan Grup A Piala Uber Indonesia vs Jepang:
1. Tunggal Putri
Bilqis Prasista vs Akane Yamaguchi

2. Ganda putri
Melani Mamahit/Tryola Nadia vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

3. Tunggal putri
Tasya Farahnailah vs Sayaka Takahashi

4. Ganda putri
Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto

5. Tunggal putri
Siti Sarah Azzahra vs Riko Gunji