Siapkan Sejumlah Program

Ahmad Syauqi, Ketua BMPS Kabupaten Bekasi

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ahmad Syauqi merupakan Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Bekasi masa bakti 2022-2027. Di bawah kepemimpinannya, organisasi ini telah menyiapkan sejumlah program yang akan dijalankan 2022 ini.


BMPS Kabupaten Bekasi Masa bakti 2022/2027 memiliki jumlah pengurus inti sebanyak 43 orang, dengan jumlah keanggotaan 692 yayasan. “Saat ini kami memiliki 43 pengurus dan keanggotaan BMPS Kabupaten Bekasi update 2018 berjumlah 692 yayasan,” terangnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (9/7).

Bagi Syauqi-sapaan akrabnya- kehadiran BMPS harus terus dimaksimalkan. Dengan demikian, organisasi ini dapat menjadi wadah aspirasi bagi kepala sekolah dan guru sekolah swasta.


Kali ini, BMPS menargetkan adanya peningkatan kualitas kepala sekolah dan guru melalui beberapa program. “Kami memiliki beberapa program yang akan dijalankan bersama-sama, karena kami ingin keberadaan BMPS ini bisa memberikan dampak positif bagi kepala sekolah dan guru swasta yang ada di Kabupaten bekasi,” ujarnya.

Saat ini BMPS memiliki rencana program Gerakan Sekolah Sehat, Indah dan Tertib (GESSIT) bagi seluruh sekolah swasta se-Kabupaten Bekasi. Selain itu BMPS juga akan membentuk koordinator wilayah di setiap kecamatan untuk bisa memaksimalkan program kerja, serta rapat pengurus BMPS dengan seluruh pimpinan yayasan pendidikan swasta per triwulan.

“Program ini akan fokus membahas permasalahan dan perkembangan pendidikan di Kabupaten Bekasi, terutama dalam menyerap aspirasi dari yayasan terkait dengan kebijakan atau hal lain dalam rangka memajukan pendidikan di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Beberapa program lain juga telah direncanakan oleh BMPS Kabupaten Bekasi. Yaitu. Terkait  pengelolaan website atau media online BMPS sebagai portal informasi dan komunikasi dengan masyarakat secara langsung, terutama membantu sepenuhnya terkait informasi kegiatan BMPS dan kegiatan sekolah swasta, mengadakan kegiatan pelatihan atau seminar bagi seluruh kepala sekolah dan guru swasta dalam upaya peningkatan kualitas kepala sekolah dan guru yang akan diadakan per semester.

“Ini adalah beberapa program yang kami rencanakan dan akan mulai kami jalankan di tahun ini. Kami semua akan memaksimalkan kinerja BMPS Kabupaten Bekasi untuk kemajuan pendidikan khususnya bagi sekolah swasta yang ada di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Syauqi menilai, bahwa dengan aktifnya BMPS akan berdampak positif. Antara lain, memberikan kontribusi positif dan solusi terhadap permasalahan sekolah swasta, menjadi ajang silaturahmi antar sekolah swasta, terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan sekolah swasta, serta memberikan pengawasan terhadap semua kebijakan pendidikan yang berdampak kepada sekolah swasta.

“Saya yakin akan banyak dampak positif yang bisa kita bangun melalui BMPS, namun memang program ini bisa berhasil jika semua mau bekerjasama dengan baik. Maka dari itu, kami membangun jaringan seluas mungkin agar BMPS Kabupaten Bekasi dapat lebih dekat dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya.

Sempatkan Jalani Hobi

Ia mengaku sangat bersyukur bisa diberikan amanah dalam sebuah organisasi serta pimpinan yayasan pendidikan di Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah saat ini saya diberikan amanah untuk aktif dalam berbagai kepengurusan organisasi dan menjadi seorang Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam An-Nadwah,” ungkapnya.

Di tengah kesibukannya, Syauqi tetap menyempatkan diri untuk melakukan beberapa aktivitas yang menjadi hobinya saat ini. Antara lain, travelling, menulis, dan memancing.

“Tapi gak semuanya saya jalani secara bersamaan, ada waktu-waktu nya tersendiri. Jadi biar gak bosan dengan satu hobi saja,” ujarnya.

Menurutnya, ia sebagai manusia sudah sewajarnya rehat dikala merasa lelah. Hobinya sekarang dapat menjadi teman untuk melepas lelah dari berbagai aktivitas.

“Jika merasa capek dan lelah, maka rehat dan istirahatlah. Dan biasanya kalau lagi istirahat suka iseng melakukan hobi entah itu menulis, memancing ataupun melakukan aktivitas travelling,” ucapnya.

Dengan demikian, ketika kembali beraktivitas Syauqi dalam keadaan bugar dan pikiran lebih tenang. “Kalau sudah merasa fresh kita bisa memulai aktivitas dengan cukup baik,” tukasnya.(dew)

BIODATA

Ahmad Syauqi

Lahir: Bekasi, 8 Desember 1983

Riwayat Pendidikan:

  • SDN Tambun 5 (1996)
  • MTs Darunnajah Jakarta (1999)
  • MAK Darunnajah Jakarta (2002)
  • S1 Tarbiyah UIN Jakarta (2007)
  • S2 ALESCO Arab League Cairo-Egypt (2011)
  • S2 Manajemen Pendidikan Islam PTIQ Jakarta (2014)