Tiga Parpol Bekasi Rekomendasikan Anies

Anies Baswedan

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) di tahun 2024 terus bertambah dari sejumlah partai politik (Parpol) di Kota Bekasi. Setelah PPP, kini dukungan diberikan oleh PAN dan Partai Nasdem.


Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PAN Kota Bekasi, Afrizal mengakui, hasil Rapat kerja Daerah (Rakerda) partainya beberapa hari lalu telah melahirkan kesepakatan dari seluruh kader untuk merekomendasikan tiga tokoh eksternal yang diusulkan buat capres di Pilpres 2024 mendatang, antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Jadi, hasil Rakerda tahun 2022 kemarin itu salah satunya melahirkan surat rekomendasi capres tahun 2024. Antara lain, dari internal kita rekomendasikan Ketua Umum Zulkifli Hasan, sedangkan dari eksternal tiga tokoh, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan satu lagi Erick Thohir,” ungkapnya.


Dia menjelaskan, nama-nama capres adalah usulan yang diterima dari kader mulai tingkat ranting dan DPC, sehingga DPD PAN itu pun hanya menampungnya sebagai rekomendasi yang akan disampaikan saat Rakerwil DPW Jawa Barat. “Iya, usulan tersebut nanti kami disampaikan ke DPW Jawa Barat di agenda Rakerwil,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bekasi, Aji Ali Sabana menyampaikan, bahwa sesuai hasil rekomendasi yang dibaca Ketua Umum (ketum) partainya, Surya Paloh dalam Rakernas terkait rekomendasi Capres tahun 2024 sudah sesuai dengan usulan dari kader partai di Kota Bekasi, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Nama-nama tersebut muncul lewat usulan dari pengurus DPD Kota/Kabupaten seluruh Indonesia yang diteruskan DPW kemudian itu disampaikan pada Rakernas Partai Nasdem di Jakarta,” kata Aji, beberapa waktu lalu.

“Tentu ini jadi hasil rekomendasi Rakernas yang diserahkan penuh kepada ketum untuk diputuskan semuanya, dan Prinsipnya kami di jajaran DPD partai harus tunduk dan patuh apapun hasil yang telah menjadi keputusan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kota Bekasi, H Sholihin mengatakan, surat rekomendasi bernomor : 121/INT/REKOM/DPC/VII/2002, tertanggal 1 Juli 2022 terkait usulan Capres tahun 2024 yang telah disampaikan ke DPW PPP Jawa Barat, berisi rekomendasi untuk nama Capres-cawapres Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa sesuai hasil rapat Konsolidasi Internal Partai.

“Rekomendasi ini merupakan hasil usulan dari seluruh jajaran pengurus DPD PAC, dan aspirasi masyarakat di akar rumput. Artinya, kami dari pimpinan partai hanya meneruskan usulan tersebut,” kata Gus Shol, sapaan dari pimpinan partai berlambang Kabah ini. (mhf)