Berita Bekasi Nomor Satu

Perdalam Kemampuan Menari

Safira Rizky Amalia

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa bernama lengkap Safira Rizky Amalia (14) ini terus memperdalam kemampuannya dalam menari. Meskipun, saat ini dirinya cukup menguasai beberapa tarian tradisional.

Siswa SMPN 28 Kota Bekasi ini mengatakan, kemampuannya dalam menari sudah diasah sejak berusia lima tahun.  “Menari itu sudah menjadi hobi saya sejak kecil. Menurut saya, menari adalah seni yang sangat saya sukai sejak dahulu,” ungkap Safira- begitu sapaan akrabnya.

Kini, dirinya fokus berlatih di  Sanggar Ariesta. Di tempat itu, dirinya mempelajari beberapa tarian tradisional seperti Sorotelintang Jawa Timur, Payung Geulis Jawa Barat, Jaipong Bajidor Kahot Jawa Barat, Ronggeng Beken Jawa Barat, Mappadendang Sulawesi Selatan, dan Saman Aceh.

“Ada enam tarian tradisional yang sudah saya pelajari dan satu tarian kreasi yaitu tari Untaian. Alhamdulillah saya senang sekali bisa mempelajari banyak tarian tradisional yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Safira memiliki keinginan untuk bisa menjunjung tinggi budaya Indonesia agar tidak punah. Melalui tarian, dirinya ingin terus melestarikan kebudayaan di Tanah Air ini.

“Saya itu ingin sekali melestarikan kebudayaan Indonesia dan melalui banyaknya tarian yang saya pelajari, saya ingin menjadi generasi muda yang bisa melestarikan budaya Indonesia lewat tarian tradisional,” ucapnya.

Sejumlah penghargaan juga berhasil Safira raihnya. Antara lain, juara 3 tari kelompok dan tari tunggal tingkat nasional di Taman Mini Indonesia Indah 2022.

“Untuk yang baru-baru ini saya hanya mendapatkan dua penghargaan saja dalam event perlombaan, tapi di tahun ini juga saya sedang mempersiapkan event tarian tradisional, ” terangnya.

Kedepan, dirinya berharap kemampuannya dalam menari bisa terus diasah, dan  keinginannya untuk terus melestarikan budaya Indonesia melalui tarian bisa terwujud.

“Saya berharap kemampuan dalam menari bisa terus diasah dan berharap juga bisa membanggakan kedua orangtua saya,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin