Gali Potensi Perkampungan

ILUSTRASI: Salah satu kegiatan Komunitas Jaringan Kampung Bekasi, yaitu sekolah Alam Prasasti, proses pendidikan bagi kalangan masyarakat tidak mampu. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komunitas Jaringan Kampung Bekasi coba mengangkat potensi yang dimiliki setiap wilayah perkampungan mulai dari tradisi, seni, budaya serta sejarah berdirinya kampung tersebut.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2018 ini bergerak aktif untuk masyarakat agar sadar terhadap potensi yang dimiliki di permukiman atau kampung tempat tinggalnya.


Ketua Komunitas Jaringan Kampung Bekasi, Komarudin (50) mengatakan, sudah seharusnya masyarakat Bekasi bangga, dapat merawat serta melestarikan warisan leluhur. Hal itu juga yang menjadi dasar komunitas ini hadir untuk membantu, menyadarkan masyarakat terhadap warisan leluhur yang harus tetap dipertahankan.

“Komunitas Jaringan Kampung Bekasi sudah berdiri sejak tahun 2018, dimana kita tergabung di Jaringan Kampung Nusantara,” ungkapnya kepada Radar Bekasi.


Saat ini Komunitas Jaringan Kampung Bekasi, menjalankan beberapa program kegiatan seperti pencarian data, fakta dan sejarah lokal genius kampung, mengangkat potensi seni, budaya, bahasa dan adat tradisi.

“Kami sedang fokus menjalankan beberapa program, dimana tujuannya sama yaitu untuk menyadarkan masyarakat terhadap warisan leluhur,” tuturnya.

Selain itu, komunitas Jaringan Kampung Bekasi juga bergerak untuk mengkoordinasikan kampung menjadi pemukiman yang nyaman dan sehat, tanpa kehilangan identitasnya.

“Kami juga fokus untuk mengangkat harkat dan martabat kampung dengan segala lokal geniusnya, agar setiap perkampungan di Bekasi memiliki pemukiman yang aman, nyaman dan sehat,” jelasnya.

Pihak nya juga ingin, masyarakat Bekasi dapat mengkoordinir kegiatan kerelawanan dengan membangun pendidikan gratis, penghijauan dan juga aktif dalam menjaga kebersihan kampung.

“Tugas masyarakat adalah merawat, mengidentifikasi flora fauna lokal kampung, melestarikan, dan memberikan fasilitas yang baik juga kepada masyarakat nya itu sendiri,” ucapnya.

Komarudin berharap, hadirnya komunitas ini bisa memiliki dampak yang positif, dan tentunya bisa dimanfaatkan keberadaanya bagi masyarakat sekitar.

“Kami hadir untuk masyarakat Bekasi, sehingga kami berharap keberadaan kami bisa membawa manfaat yang baik, dengan segala program yang kami jalankan tadi,” tukasnya. (dew).