Lestarikan Budaya Bekasi

SARIN SARMADI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kecintaan terhadap budaya tanah kelahiran coba dituangkan Sarin Sarmadi dengan membuat buku Betawi Punya Cerita dan Si Ilok Keriyaan di Pondok Melati.

Pria berusia 51 tahun ini juga aktif sebagai Ketua Yayasan Kebudayaan Orang Bekasi. Bang Ilok- sapaannya-mengatakan bahwa saat ini yayasan kebudayaan orang Bekasi, juga ambil bagian di gelaran event budaya Lebaran Betawi.


“Saya aktif sebagai penggiat budaya, dan juga menulis. Salah satu judul buku saya adalah Betawi Punya Cerita dan Si Ilok Keriyaan di Pondok Melati. Saya memang secinta itu dengan budaya Betawi,” jelasnya.

Saat ini Yayasan yang dipimpinnya membawahi 100 orang yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu terus melestarikan budaya Betawi Bekasi tempo dulu.


“Saat ini kami memiliki 100 anggota, dimana visi dan misi kami sama yaitu mengenalkan dan juga melestarikan kebudayaan Betawi Bekasi tempo dulu,” ucapnya.

Ia menilai bahwa dengan hadirnya yayasan kebudayaan orang Bekasi, bisa berdampak positif untuk pelestarian budaya Bekasi. “Masyarakat akan lebih cinta terhadap kebudayaannya. Sehingga kebudayaan tidak hilang dimakan waktu,” terangnya. (dew).