Berita Bekasi Nomor Satu

Cara SMAN 3 Wujudkan Pelajar Unggul dan Berprestasi Arahkan Siswa Ikut Kompetisi

SENAM: Sejumlah siswa dan guru senam bersama di lapangan sekolah, Senin (8/8). ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebagai salah satu sekolah terbaik, SMAN 3 Kota Bekasi memiliki cara untuk mendukung minat serta bakat para siswa agar menjadi pelajar yang unggul dan berprestasi.

SMAN 3 Kota Bekasi merupakan salah satu sekolah negeri terbaik di Kota Bekasi. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SMAN 3 Kota Bekasi berhasil menduduki ranking nasional ke-343 dan ranking provinsi ke-57 dengan rerata nilai UTBK yang didapatkan yaitu 554.707.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 3 Kota Bekasi Martarina Purwaningsih menjelaskan, pihak sekolah tentunya memberikan ruang atau wadah seperti menyediakan berbagai ekstrakurikuler (ekskul) untuk para siswa agar dapat mencari bakat atau jati diri mereka. Selain itu, tidak jarang pula pihak sekolah mengarahkan para siswa untuk mengikuti kompetisi.

“Kita sering sekali mengarahkan siswa untuk mengikuti kompetisi di sekolah maupun di luar sekolah agar mereka dapat mengukur kemampuan yang mereka miliki melalui lomba-lomba yang diikuti,” ungkap Martarina kepada Radar Bekasi, Senin (8/8).

Tidak hanya itu, Martarina menceritakan, salah satu siswa jurusan IPA pernah mengikuti olimpiade mata pelajaran Sejarah lalu mendapatkan juara nasional. Ia mengaku terkejut dan bangga ternyata siswa tersebut tidak hanya unggul dalam mata pelajaran pengetahuan alam, akan tetapi juga unggul dalam mata pelajaran sosial.

Terdapat banyak ekskul di SMAN 3 Kota Bekasi seperti Voli, Futsal, Pencak Silat, Tari Saman, Modern Dance, Basket, English Club dan masih banyak lagi. Ekskul-ekskul tersebut tidak hanya menjalankan kegiatan-kegiatan pokok, namun juga telah meraih banyak prestasi. Terakhir, SMAN 3 Kota Bekasi meraih juara tiga kompetisi futsal di Universitas Trisakti dan meraih tiga piala dalam Kompetisi Modern Dance.

“Awal Agustus kemarin juga kita mengirim tiga siswa untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2022 mata pelajaran Ekonomi dan Teknologi Informatika Komputer untuk mewakili sekolah ke tingkat provinsi,” ujar Martarina.

Dirinya pun bercerita, tiga anak yang terpilih untuk mengikuti olimpiade tersebut merupakan anak-anak yang unggul. Selain itu, pihak sekolah juga mengadakan pelatihan yang diikutkan dengan Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) guna mendukung siswa tersebut.

Untuk para siswa yang mengikuti kompetisi-kompetisi akademik maupun nonakademik, pihak sekolah juga memfasilitasinya. Seperti mengantarkan para siswa jika mengikuti kompetisi di luar, memberikan dana untuk siswa atau ekskul yang mengikuti lomba yang berbayar dan masih banyak lagi.

Dengan adanya siswa yang berprestasi, dapat menunjukan bahwa SMAN 3 Bekasi telah sukses mendukung ataupun menyalurkan minat dan bakat para siswanya. “Dari siswa berprestasi itu juga kita bisa menunjukan kalau kita dapat unggul dalam prestasi-prestasi yang kita dapatkan. Maka dari itu saya harap untuk siswa yang lain agar dapat terinspirasi dan menghasilkan prestasi di bidang yang lain juga,” pungkasnya. (cr1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin