Jalin Kebersamaan Lewat Berbagai Lomba

SERAHKAN HADIAH: Para pemenang lomba foto bersama panitia serta warga RW 013 Kemang Pratama, usai perhelatan lomba memeriahkan HUT ke-77 RI. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Berbagai perlombaan kategori beregu maupun perorangan dihelat RW 013 komplek Kemang Pratama, Rawalumbu, Kota Bekasi di momen perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8).

Kegiatan ini kembali dihelat setelah rutinitas kumpul warga harus dibatasi karena adanya pandemi Covid-19. Perlombaan diikuti peserta dari 13 RT di wilayah tersebut


“Kegiatan perlombaan kami bagi menjadi dua kategori, yaitu beregu dan juga individu,” ujar Ketua Pelaksanaan, Heru Susanto kepada Radar Bekasi Rabu, (17/8).

Kategori cabang olahraga beregu sudah dihelat sejak 23 Juli 2022. Dengan kategori perlombaan badminton, futsal, voli, gaple, tenis meja dan lomba tumpeng.


“Untuk cabang olahraga beregu kami sudah adakan sejak tanggal 23 Juli 2022, dan diselesaikan pada tanggal 14 Agustus kemarin. Hanya tumpeng baru kami adakan di puncak acara,” jelasnya.

Sementara untuk perlombaan individu sendiri diadakan pada puncak kegiatan yaitu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 RI, 17 Agustus 2022, dengan berbagai jenis perlombaan.

Diantaranya fashion show, sepeda hias, lomba kelereng, memasukan pensil ke dalam botol, dan memindahkan bendera merah putih kedalam botol. Hasil penilaian sendiri diserahkan kepada dewan juri yang diundang dari luar warga sekitar.

“Yang individu kami laksanakan pada puncak acara, dimana semua penilaian kami berikan kepada pihak dewan juri. Yang kami hadirkan dari luar warga RW 013, dan tentunya berkompeten untuk menilai berbagai perlombaan yang kami adakan,” terangnya.

Dari masing-masing perlombaan, ditentukan pemenang juara 1,2 dan 3. Namun semua peserta akan tetap diberikan penghargaan berupa cinderamata yang telah disiapkan oleh pihak panitia.

“Jadi ada pemenang 1,2 dan 3 di setiap masing-masing perlombaan, namun semua peserta akan kami berikan cinderamata. Nanti akan ada piala bergilir yang diperebutkan ke-13 RT,” ucapnya.

Tujuan dihelatnya lomba sesuai tema yang diusung yakni dapat menjalin kebersamaan antar sesama, rukun, damai dan ceria

”Marilah kita bangkitkan kembali rasa kebersamaan diantara sesama, lepaskan ego pribadi dan perbedaan yang satu, rukun, damai dan ceria. Dari tema ini kami berharap bisa bangkit, dan kembali merasakan kebersamaan antar warga sekitar,” tuturnya.

Sementara Ketua RW 013 Kemang Pratama, Heridon menjelaskan bahwa selama masa pandemi pertemuan warga sangat terbatas. Dengan kegiatan ini diharapkannya dapat memupuk kembali rasa kebersamaan semua warga. “Selama masa pandemi ini kami jarang sekali berkumpul dan hampir tidak ada kegiatan silaturahmi antar warga, Alhamdulillah saat ini pandemi sudah reda. Makanya kami adakan kegiatan perlombaan dan sekaligus ajang silaturahmi antar warga” ucapnya.

Pihaknya juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini, komunikasi yang guyub dapat terjalin kembali oleh seluruh lapisan masyarakat RW 013.

“Ini momen yang sangat baik, dimana kami ingin menyatukan seluruh warga. Sesuai dengan moto kami yaitu Ceria, Empati, Rukun, Iman, Aman (CERIA),” tuturnya.

Dua tahun merupakan waktu yang cukup lama bagi warga, dimana semua aktivitas yang dilakukan harus dibatasi dan tidak ada kegiatan silaturahmi yang bisa diadakan.

“Ini momen yang sangat bagus, dimana kami bisa berkumpul kembali, menjalin silaturahmi yang sempat terhenti selama dua tahun belakang ini, saya berharap masyarakat bisa sama-sama pulih dari adanya pandemi ini,” pungkasnya. (dew).