Antisipasi Pohon Tumbang Jalur Protokol

RAWAN TUMBANG: Pengendara melintas di bawah pohon besar di Jalan Kemakmuran, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (18/8). Keberadaan pohon di sepanjang jalan tersebut rawan tumbang. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, telah memetakan sejumlah ruas jalan yang kerap terjadinya pohon tumbang.

Kepala Bidang PJU Prasarana Jalan pada DBMSDA Kota Bekasi Edi Supriadi menjelaskan, upaya pemangkasan pohon dilakukan sebagai bagian dari pemeliharaan dan antisipasi pohon tumbang.


“Kami itu tidak melakukan penebangan pohon tua, tetapi lebih kepada pemangkasan pohon dan itu merupakan pemeliharaan untuk mengantisipasi pohon tumbang,” ujarnya kepada Radar Bekasi Kamis, (18/8).

Sementara untuk pohon yang sudah tua, pihak DBMSDA sendiri hanya melakukan pemotongan dahan bagian atas pohon saja. “Kalo pohon yang sudah tua, kami hanya memotong bagian dahan atas saja,” tuturnya.


Kemudian beberapa jalur pemangkasan nya sendiri, prioritas dilakukan di jalur protokol dan jalan utama. Salah satunya di wilayah Rawa Semut sampai dengan Sersan Aswan.

“Kita sudah melakukan pemangkasan di jalur-jalur atau jalan protokol dan jalan utama,” terangnya.

Pihak DBMSDA memastikan, saat ini ada beberapa titik lokasi rawan pohon tumbang. Yaitu di Jalan Kemakmuran dan Rawalumbu tepatnya di wilayah Asrama Haji dan RS Hermina.

“Kami sedang melakukan pemangkasan di area rawan pohon tumbang itu, tapi memang kami memiliki kendala dimana di wilayah tersebut banyak penjual pinggiran. Jadi agak terhambat juga untuk pemangkasan pohon nya,” tuturnya.

Selain itu beberapa faktor terjadi pohon tumbang diakibatkan beberapa hal, salah satunya ialah faktor cuaca hujan deras yang disertai angin kencang, yang kerap menjadi faktor utama tumbangnya pohon.

“Yang paling dominan faktor cuaca hujan yang disertai angin kencang, tapi kalo untuk hujan biasa sih masih cukup aman. Makanya kami saat ini sedang melakukan pemangkasan secara bertahap, untuk meminimalisir adanya pohon tumbang,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihak DBMSDA juga mengingatkan kepada masyarakat agar menghindari pohon-pohon besar saat cuaca tak bersahabat, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Kami juga melakukan himbauan, jika cuaca sedang tidak bagus atau sedang hujan. Jangan berteduh di pohon, cari tempat lain yang lebih aman. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (dew).