Operasi Zebra Polres Metro Bekasi, Mulai Tanggal 3 hingga 16 Oktober

Illustrasi : Dua pelajar terlihat mencium tangan petugas saat terjaring razia gabungan dalam operasi zebra 2022 di Jalan Ir H Juanda, Bulan-Bulan, Kota Bekasi, Selasa (4/10). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengendara roda dua, roda empat atau lebih, diingatkan untuk tertib lalu lintas, mempersiapkan kendaraan dan surat-surat kendaraan ketika akan keluar rumah. Mengingat, operasi gabungan tengah dilakukan untuk penertiban pelanggar lalu lintas mulai 3 hingga 16 Oktober mendatang.

Di Kota Bekasi ada sejumlah ruas jalan yang menjadi lokasi berlangsungnya operasi zebra. Selasa (4/10) kemarin, operasi zebra dilaksanakan di Bulan-Bulan, Jalan Ir H Juanda Kota Bekasi. Diketahui operasi gabungan ini dilaksanakan bersama dengan beberapa instansi terkait.


Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Ayu Nurjani menjelaskan, bahwa operasi zebra dilakukan bersama dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub), TNI, dan Satpol PP.

“Kami dengan instansi terkait disini ada Dishub, TNI, Satpol PP bersama-sama mengadakan operasi zebra tahun 2022 yang dimulai dari tanggal 3-16 Oktober,” ujarnya kepada Radar Bekasi Selasa, (4/10).


Adapun sasaran pelaksanaan operasi zebra sendiri ialah masyarakat yang tidak menggunakan helm saat berkendara, menggunakan handphone saat berkendara, parkir di bahu jalan, melawan arus dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Total target operasi kami ada 14, dan salah satunya adalah tidak menggunakan helm, menggunakan hp saat berkendara dan lain-lainnya,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan operasi zebra sebelumnya telah menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosial, dan juga berupa edukasi kepada masyarakat.

“Sebenarnya kita sudah menginformasikan ke media sosial, dan juga sudah melakukan edukasi kepada warga dan juga informasi bahwa memang, kami akan melakukan operasi zebra, dan mohon dengan sangat hormat kepada media mohon disampaikan kepada masyarakat agar ada kesadaran perilaku untuk berlaku tertib,” tuturnya.

Kemudian kata dia, operasi zebra sendiri bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas, dan juga bisa menurunkan angka kasus kecelakaan yang kerap terjadi dalam berlalu lintas.

“Intinya adalah bagaimana kami menciptakan keamanan keselamatan ketertiban lalin, turunnya fatalitas kecelakaan, karena memang tujuan operasi zebra adalah itu. Makanya kami mohon awak media agar menyampaikan informasi ini kepada seluruh masyarakat supaya ada perubahan perilaku untuk berlaku tertib,” terangnya.

Sementara dalam hal ini sanksi penindakan yang diberikan menang bersifat elektronik, namun menggunakan manual preemtif, preventif dan penegakan hukum.

“Untuk Preemtif kita memberikan informasi edukasi kepada masyarakat dalam hal ini pengendara roda dua dan roda empat untuk berlaku tertib. Demikian untuk preventifnya kami melakukan pengaturan, memberikan imbauan kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut untuk sanksi berupa penegakan hukum dilakukan dengan cara hanya memberikan teguran secara simpatik. “Secara penegakan hukum, kami memberi teguran secara simpatik. Tapi wujud kami memang adanya perubahan perilaku, karena walaupun orang ditindak berulang-ulang tanpa adanya perubahan, omong kosong juga,” terangnya.

Diketahui sampai dengan saat ini pelanggaran yang ditemukan dalam pelaksanaan operasi zebra ialah, pelanggaran marka jalan, berhenti di bahu jalan dan juga tidak menggunakan helm.

“Yang paling kelihatan sekali adalah pelanggaran marka jalan dan juga berhenti di bahu jalan, serta tidak menggunakan helm,” tuturnya.

Dalam kurun waktu kurang lebih dua Minggu, operasi akan dilakukan di beberapa titik lokasi. “Nanti untuk waktu kurang lebih dua Minggu, kita akan berpindah-pindah,” jelasnya.

Saat ini beberapa titik lokasi seperti depan Giant Mega Bekasi, dan Selasa (4/10) kemarin dilakukan di area Bulan-Bulan Jalan Ir H Juanda. “Sudah kami lakukan di beberapa titik lokasi,” ucapnya.

Pemberian brosur dan juga penempelan stiker juga ikut diberikan kepada masyarakat melalui pelaksanaan operasi zebra. “Brosur- brosur dan stiker yang kami sampaikan kepada masyarakat, supaya menggelorakan bagaimana operasi ini ada kesan berkesan untuk mengubah perilaku tertib dan selamat di jalan,” tukasnya. (dew)