Berita Bekasi Nomor Satu

Diguyur Hujan Deras, Jalan Pantura Banjir

Illustrasi : Pengendara sepeda motor mendorong kendaraan yang mogok akibat terendam air, di Jalan Imam Bonjol, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin (7/11). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bekasi, menyebabkan ruas Jalan Raya Imam Bonjol, Cikarang Barat, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

Akibat genangan air tersebut, mengakibatkan banyak warga pengguna sepeda motor yang nekat menerobos banjir, mogok. Alhasil, para pengendara terpaksa menuntun kendaraannya karena mengalami mati mesin.

“Awalnya macet, dan saya pikir ada kecelakaan, tapi nggak taunya banjir. Saya paksain aja menerobos genangan air untuk lewat, tapi motor malah mati,” ujar salah satu pengendara sepeda motor, Aldi (22), Senin (7/11).

Dari pantauan di lokasi, , intensitas hujan yang turun sekitar pukul 14.40 WIB itu sangat tinggi. Sehingga, pada pukul 15:30 WIB, kondisi jalan sudah tergenang air yang cukup tinggi. Sehingga, para pengendara roda dua yang melintas, banyak berhenti karena kendaraannya mati. Hujan baru mulai reda sekitar pukul 16.40 WIB.

Menurut Aldi, ruas jalan tersebut memang kerap tergenang air saat hujan deras. Dirinya menduga, itu disebabkan karena saluran air (drainase) yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga membuat air hujan bertahan di jalan dan surutnya lama.

“Setiap hujan deras, kondisi jalanan banjir dan tidak bisa dilewati, paling nunggu setelah surut atau putar balik cari jalan lain,” tuturnya.

Genangan air juga menyebabkan arus lalu lintas dari dua arah mengalami kemacetan hingga dua kilometer, lantaran banyak kendaraan yang berhenti dan takut melintas.

“Ketika jalanan banjir, mobil dan sepeda motor nggak bisa lewat, takut mogok. Soalnya ketinggian air lumayan dalam. Ini terjadi pada saat jam pulang kerja, sehingga jalanan bertambah macet,” katan Aldi.

Hal senada juga diungkapkan pengendara lainnya, Elly (25). Dirinya berharap, agar ada perhatian dari pemerintah terkait pembangunan drainase di sepanjang jalur pantura, sehingga tidak ada lagi genangan air saat hujan turun. Pasalnya, ini merupakan jalan utama (pantura), dan saat banjir sangat mengganggu pengendara yang melintas.

“Banjir disini sudah sering, kalau aliran air ke drainase lancar, tidak akan mungkin airnya setinggi ini. Tolong diperbaiki,” imbuh Elly.

Sekadar diketahui, banjir yang melanda Jalan Raya Imam Bonjol, Cikarang Barat, sudah terjadi dari beberapa tahun yang lalu. Namun demikian, tidak ada upaya dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk melakukan perbaikan. Alasannya, jalan tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin