Berita Bekasi Nomor Satu

Peralihan Mobdin Listrik Baru Wacana

Illustrasi: Sebuah mobil dinas (mobdin) pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, terparkir di pinggir jalan, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Terkait rencana peralihan mobil dinas listrik di lingkungan Kota Bekasi baru sebatas wacana. Belum ada pembahasan khusus dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi Faisal menegaskan bahwa sampai saat ini terkait rencana peralihan mobil listrik untuk kendaraan dinas dilingkungan kota Bekasi, belum ada pembicaraan secara serius bersama DPRD kota Bekasi.

“Kalo bicara serius belum ada pembahasannya, namun memang terkait rencana-rencana tersebut sudah terdengar saat ini,” ujarnya kepada Radar Bekasi Selasa, (8/11).

Pihaknya mengatakan bahwa peralihan mobil listrik merupakan isu internasional, dimana peralihan tersebut fokus utamanya menciptakan lingkungan yang bersih dari polusi, mendukung program go green.

“Kalo saya melihat ini adalah isu internasional dimana perubahan memang harus dilakukan, berbicara tentang lingkungan dan go green ini baik kota maupun kabupaten di Indonesia memang sudah harus berbenah,” jelasnya.

Selain itu menurutnya infrastruktur pendukung juga perlu dipersiapkan. Terkait stasiun pengisian dan lainnya. “Bicara peralihan kan pasti ada proses yang harus dilalui, jadi tidak mudah juga untuk melakukan perubahan dan peralihan yang direncanakan. Butuh pembahasan yang matang, jadi mungkin harus benar-benar disiapkan dulu segala sesuatunya,” tuturnya.

Dijelaskannya, jika ada peralihan mobil dinas listrik, maka pemerintah dalam hal ini dapat menjual atau melelang mobil dinas lama sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Bicara peralihan ada keuangan yang harus diselaraskan, jadi mungkin ada pembicaraan-pembicaraan terkait hal itu nantinya. Atau mungkin pemerintah bisa menjual atau melelang mobil dinas yang ada saat ini, karenakan itu ada SOP nya,” ucapnya.

Lebih lanjut, peralihan mobil listrik ini tentu memiliki dampak positif jika Kota Bekasi sudah benar-benar bisa mengoptimalkan sehingga bisa berperan menekan polusi di Kota Bekasi.

“Dampak positif tentu ada salah satunya adalah Kota Bekasi bersih dari polusi yang ada, jadi memang ini pasti akan menjadi pembahasan kami dalam rapat DPRD di tahun mendatang,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin