Berita Bekasi Nomor Satu

”Oppa Beken” Sediakan Sembako Murah

PASAR MURAH: Puluhan tenan yang menyediakan kebutuhan warga terlihat mengikuti operasi pasar murah yang dihelat di Kecamatan Jatiasih, 10 hingga 11 November 2022. DEWI/MG5/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) menghelat pasar murah, menggandeng sejumlah ritel dan perusahaan untuk menjajakan produknya utamanya sembilan bahan pokok (Sembako).

Kegiatan itu dinamai Operasi Pasar Murah Bekasi Keren (Oppa Beken) yang akan berlangsung hingga akhir tahun. Kegiatan dilakukan secara bergantian di 12 kecamatan Kota Bekasi.

Program ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan serta stabilitas dan kepastian harga kebutuhan pokok di Kota Bekasi.

Kemarin, pelaksanaan ”Oppa Beken” dihelat di Jatiasih mulai 10-11 November 2022. Sebelumnya acara sudah dihelat di Kecamatan Jatusampurna 3 dan 4 November 2022.

Analisis Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Eko Wijatmiko mengatakan, tujuan diselenggarakannya operasi pasar murah ini supaya dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau dan menstabilkan harga guna menekan laju inflasi di Kota Bekasi.

“Paling utama untuk menekan laju inflasi. Namun, sebenarnya di Kota Bekasi ini justru lagi diflasi sekitar 0,19 persen. Jadi langkah-langkah pelaksanaan operasi pasar ini tetap dijalankan untuk menstabilkan serta mendekatkan dan memudahkan masyarakat juga karena harga disini lebih murah dari pasar,”papar Eko.

Dijelaskannya warga bisa membeli kebutuhan dapur seperti telur, beras, minyak secara aceran atau paket yang sudah disediakan. ”Bisa beli eceran atau paketan,” tambahnya.

Lanjut Eko, program tersebut diakuinya tidak menggunakan anggaran daerah, dengan melibatkan sejumlah ritel dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengan (UMKM). “Kegiatan ini non budgeter atau tidak menggunakan anggaran daerah,” lanjutnya.

Operasi pasar murah menghadirkan berbagai booth Bazaar dari UMKM dan retail modern yang menyajikan kebutuhan rumah tangga. Pelaksanaan kegiatan operasi pasar ini menggandeng 20 retail seperti PT. Indomarco Prismatama, Bulog, Prima Freshmart dan masih banyak lagi.

“Tapi gak semua retail mengikuti Bazaar ini di setiap kecamatan, jadi paling nggak tiap pelaksanaan operasi pasar murah ini minimal hanya ada 10 peserta bazaar (retail),”jelasnya.

Diketahui untuk tanggal pelaksanaan ”Oppa Beken” di Kelurahan Padurenan, Mustikajaya dihelat pada 17-18 November, 24-25 November di Kecamatan Rawalumbu, 1-2 Desember di Kecamatan Bekasi Timur, 8-9 Desember di Kecamatan Bekasi Utara, 15-16 Desember di Kecamatan Medansatria, dan 22-23 Desember di Kecamatan Bekasi Selatan.

Salah satu pengunjung, menyambut baik program tersebut. Ati salah satunya, ia mengaku ada beberapa barang yang memang lebih murah dari pasaran ada juga yang menjual dengan harga yang sama di pasaran.

“Sebenarnya bagus sih apalagi kalau sering diadakan, harganya pun lebih murah dari di pasar tapi ada juga yang harganya sama saja” singkatnya. (mg5)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin