BSI Digination 2023 Hadirkan Lima Kegiatan

PELUNCURAN, DARI KIRI-KANAN: Koordinator kegiatan PIKMI Suryanto, Koordinator kegiatan BSI Explore Ade Suryadi, Rektor Universitas BSI Mochamad Wahyudi, Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik Universitas BSI sekaligus Ketua Pelaksana BSI Digination 2023 Suharyanto, Koordinator kegiatan BSI Flash dan BSI Games Achmad Baroqah Pohan, dan Koordinator kegiatan/penanggung jawab kegiatan BSI DiginoFest Fuad Nurhasan, saat peluncuran BSI Digination 2023 di BSI Convention Center Kaliabang Kota Bekasi, Selasa (22/11). EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) meluncurkan BSI Digination 2023 di BSI Convention Center Kaliabang Kota Bekasi, Selasa (22/11). BSI Digination 2023 diluncurkan dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-35 BSI sebagai kampus digital kreatif.

BSI Digination 2023 menghadirkan lima kegiatan, yakni BSI Explore, BSI DiginoFest, PIKMI (Pagelaran, Inovasi & Kreativitas Mahasiswa Indonesia), BSI Flash (Festival & Lomba Antar Siswa Sekolah) Indonesia & BSI Games. Kegiatan tersebut mulai diselenggarakan pada November 2022 sampai Mei 2023 mendatang.


Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik Universitas BSI sekaligus Ketua Pelaksana BSI Digination 2023 Suharyanto menjelaskan, kegiatan tersebut digelar secara serentak di 30 kampus Universitas BSI yang berada di 20 kota, tersebar di enam provinsi di Pulau Jawa dan Kalimantan. Kegiatan tersebut bisa diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, alumni, hingga masyarakat umum.

“Kami ingin semua stakeholder kampus dapat turut serta dalam momentum ini. Merasakan kegembiraan, keceriaan, kebersamaan dan kompetisi bersama kami,” ungkapnya.


Dijelaskan Suharyanto, BSI Explore  merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI untuk belajar di luar kampus dalam jangka waktu kurang lebih tiga minggu. Mereka akan menjelajahi dan menggali potensi 35 desa di enam provinsi.

Hal ini bertujuan melatih kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dengan menjadi mitra guru di sekolah-sekolah SD dan SMP, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa bertajuk “Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri”.

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa di Kota Bekasi Ajukan Beasiswa

Lalu, BSI DiginoFest merupakan kegiatan yang mengkolaborasikan dan job career dan internship atau magang, entrepreneur, startup, innovation, talkshow dan entertainment. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peluang karir, internship atau magang, dan wirausaha kepada mahasiswa, alumni, pelajar SMA/SMK sederajat dan masyarakat umum.

Sementara, BSI Flash merupakan kegiatan yang terdiri dari lomba kreativitas dan lomba olahraga tingkat SMA sederajat. Lomba kreativitas ini mencakup cover lagu, video atau vlog, game online, dan modern dance.

BSI Flash akan menghadirkan tiga kategori olahraga, yang nantinya akan merebutkan piala bergengsi tingkat nasional. Juga selain itu, ada beberapa lomba bertajuk kreativitas mencakup cover lagu, video/flog, game online, dan modern dance. Menariknya, BSI Flash juga mempertandingkan lomba beberapa cabang olahraga, yakni futsal, basket dan volley ball.

Sedangkan, PIKMI merupakan kegiatan kedua yang digelar tahun ini meramaikan HUT Universitas BSI. PIKMI terdiri dari sejumlah lomba, antara lain: pembuatan poster, program aplikasi, lomba pembuatan animasi, video atau film pendek, lomba penulisan artikel, dan lain sebagainya.

PIKMI diselenggarakan untuk mahasiswa aktif tahun akademik 2022/2023 perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia, baik jenjang diploma maupun sarjana. Tahapan kegiatan ini terdiri dari pendaftaran tim, unggah karya, penjurian, pengumuman finalis, final, dan awarding ceremony.

“Event PIKMI ini akan menjadi terobosan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya,” kata Suharyanto.

BACA JUGA: Perguruan Tinggi Swasta Optimalkan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Latar belakang terselenggaranya PIKMI adalah untuk mempersiapkan SDM yang unggul. Artinya, mahasiswa mampu beradaptasi terhadap kecepatan perubahan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi, serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar mahasiswa seluruh Indonesia, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan mahasiswa serta menumbuhkan budaya akademik, inovasi, kompetisi dan kreativitas mahasiswa.

Adapun BSI Games adalah wadah untuk membentuk rasa kebersamaan dan kebanggaan karyawan kepada kampus. Melalui acara ini pula dapat membentuk lingkungan kerja sehat dan menyenangkan yang berdampak positif bagi setiap kreativitas karyawan saat bekerja.

“Kami harap para siswa dan mahasiswa, mendaftarkan diri untuk mengikuti event BSI Explore Flash PIKMI, Diginofest, dan BSI Game,” pungkasnya. (oke)