Gerak Cepat BPBD dan FPRB Bantu Cianjur

BANTU PENCARIAN: Anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bekasi, bersama para relawan dan petugas BPBD, membantu lakukan pencarian korban yang tertimbun reruntuhan longsor akibat gempa bumi, di Cianjur, Rabu (23/11). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bekasi, turun langsung membantu dan melakukan pencarian korban yang tertimbun reruntuhan longsor akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 5.6 magnitudo, dengan kedalaman 10 Km, di Kabupaten Cianjur, beberapa hari lalu.

“Sejak mendapat informasi tersebut, kami langsung mengirim tim ke lokasi bencana di Kabupaten Cianjur,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, Rabu (23/11).


Pihaknya juga menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam membantu pencarian korban, sehingga tidak ada kesalahan di lapangan. Termasuk berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Cianjur, sekaligus mempersiapkan dukungan logistik dan peralatan.

“Jadi sebelum turun ke lokasi, kami berkoordinasi terlebih dahulu. Lokasi mana yang harus dituju. Supaya bantuan itu tidak menumpuk di satu titik. Selain itu, juga melakukan pemantauan informasi lanjutan melalui grup Whatsapp penggiat kebencanaan,” terang Said.


Adapun bantuan yang diberikan untuk korban bencana gempa bumi, kata Said, 30 dus pop mie, 10 dus mie instan, 10 tikar lipat, 10 matras, 1.000 karung, emergency kit bag 10, air mineral 30 kardus, 6.000 masker, terpal besar, sejumlah kantong jenazah.

Kemudian,, BPBD bersama relawan serta anggota FPRB, juga turut membangun tenda besar dua set yang fungsinya untuk relawan beristirahat, sekaligus buat tempat pengungsian sementara para korban.

Selain itu, untuk membantu korban dan peralatan lain, BPBD juga membawa satu unit mobil rescue dan mobil ambulance.

”Jadi selain logistik dan berbagai peralatan, kami juga bawa kendaraan untuk mengangkut korban agar bisa cepat mendapatkan penanganan, baik ke rumah sakit atau untuk pertolongan awal,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua FPRB Kabupaten Bekasi, Tuti Yasin menuturkan, sejumlah anggotanya bersama tim BPBD dan relawan dari Kabupaten Bekasi, sudah turun langsung untuk membantu melakukan pencarian korban di lokasi yang telah ditentukan.

“Untuk sementara, kami mengirimkan makanan siap saji, baik untuk relawan dan korban,” jelasnya.

Sedangkan untuk mengetahui perkembangan di lapangan, Tuti mengaku langsung berkomunikasi dengan bupati dan wakil bupati Cianjur. Tujuannya, agar tidak salah lokasi dalam proses pencarian, serta menghindari terjadinya penumpukan bantuan.

“Dari hasil yang kami terima, sejumlah relawan turut membantu mengevakuasi warga yang masih tertimbun longsor dan puing-puing rumah. Bahkan rencananya, besok (hari ini, Red), kami juga akan melakukan penggalangan donasi yang akan disalurkan langsung kepada korban gempa di Cianjur,” pungkas Tuti. (and)