Berita Bekasi Nomor Satu

Berusaha Menjadi Guru Terbaik

ILUSTRASI: Guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa di kelas. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menjadi tenaga pendidik terbaik merupakan sebuah keinginan bagi setiap guru, salah satunya juga menjadi keinginan bagi Suyoko yang kini aktif mengajar di salah satu sekolah SMPN 3 Babelan kabupaten Bekasi.

Menurutnya menjadi sosok guru tidaklah mudah, pasalnya guru sebagai salah satu contoh teladan di sekolah. Tentu harus memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswanya.

“Jadi sosok guru itu gak mudah, karena kami itu menjadi contoh teladan bagi siswa. Jadi berusaha menjadi sosok guru yang lebih baik itu harus terus dilakukan, dan tidak ada hentinya untuk memberikan contoh yang lebih baik kepada siswanya,” tuturnya.

Seperti saat ini dirinya ditugaskan selain menjadi guru mata pelajaran, dirinya juga ditugaskan untuk menjadi wali kelas di sekolahnya. Sehingga menurutnya itu merupakan tugas yang cukup besar untuk dijalankan.

“Menjadi sosok wali kelas bagi beberapa siswanya itu menurut saya merupakan tanggung jawab yang besar, dimana kita harus memastikan bahwa siswa yang ada dibawah naungan kelas ini bisa belajar dan tidak memiliki masalah baik diluar maupun didalam sekolah,” jelasnya.

Sehingga menjadi wali kelas yang dicintai oleh siswanya, dirinya selalu berusaha untuk menjadi orang tua terbaik bagi siswa dan juga siswinya didalam kelas.

“Saya selalu berusaha untuk menjadi sosok pengganti orang tua ketika didalam sekolah, karena ketika mereka merasa bahwa saya orang tuanya. Mereka akan lebih terbuka atas masalah apa yang mereka alami, sehingga mereka bisa belajar dengan lebih baik dan tidak memiliki masalah yang terpendam yang tentunya akan menghalangi kegiatan belajar mereka di sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut, pengalaman dan pelajarannya menjadi sosok guru tentu akan dikenang sepanjang masa. Dimana dalam ingatannya nanti menjadi sosok guru adalah salah satu profesi yang sangat menyenangkan.

“Saya ingin membuat jalan cerita menjadi sosok guru itu menyenangkan, makanya saat ini saya terus berusaha untuk menjadi sosok guru yang lebih baik lagi bagi siswa-siswa saya di sekolah,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin