Berita Bekasi Nomor Satu

Dorong Guru Kreatif Mengajar

SUYOKO, KETUA MGMP IPA SMP KABUPATEN BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menargetkan para tenaga pendidik mampu mengajar dengan berbagai model, metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai, menjadi cita-cita ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP kabupaten Bekasi Suyoko.

Menurutnya kehadiran MGMP sendiri menjadi salah satu wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi, baik sebagai guru ataupun pembicara dalam sebuah kegiatan seminar.

“Jadi MGMP ini merupakan salah satu wadah bagi teman-teman guru untuk meningkatkan kompetensi, dan yang saya ingin ingatkan lebih dulu bahwa guru juga memiliki kemampuan untuk menjadi narasumber dalam sebuah kegiatan seminar, dan menurut saya MGMP salah satu wadah yang tepat untuk bisa mengembangkan itu,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Untuk mencapai target MGMP IPA SMP kabupaten Bekasi saat ini, lanjutnya, guru dalam mengajar dengan berbagai model, metode dan juga mendekatkan yang sesuai,”Melalui MGMP kami juga memiliki target, dan saya yakin MGMP merupakan salah satu wadah yang paling tepat untuk mencapai target tersebut,” tuturnya.

Sementara saat ini berbagai program kegiatan tengah dilakukan, salah satunya ialah peningkatan kompetensi pedagogik, serta keterampilan IT guru, dan sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) beserta perangkat pendukungnya.

“Sebenarnya banyak kegiatan yang kami lakukan, namun saat ini kami sedang coba fokus pada kedua program tersebut, karena sesuai dengan target yang kami inginkan bersama,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai guru yang dapat mengajar dengan berbagai model, metode dan pendekatan yang sesuai dengan siswa. Tentu harus memiliki penguasaan dalam penerapan kurikulum yang sesuai.

“Menguasai atau mengokohkan IKM sebagai kurikulum resmi, merupakan salah satu langkah kami untuk mewujudkan target tersebut. Jadi kami benar-benar memberikan pemahaman serta pengetahuan terhadap guru tentang IKM sebagai kurikulum resmi,” ucapnya.

Selain itu, peningkatan kompetensi pedagogik serta keterampilan guru dalam menguasai IT, tengah dilakukan peningkatan melalui kegiatan seminar ataupun pelatihan.

“Peningkatan dalam kemampuan IT itu penting saat ini untuk guru, jadi kami informasikan untuk guru agar sebanyak-banyaknya mengikuti berbagai pelatihan ataupun workshop dalam peningkatan kemampuan IT nya,” jelasnya.

Sehingga menurutnya, jika cara dan langkah yang sudah dilakukan dapat dijalankan dengan baik. Maka tentu target yang diinginkan dapat tercapai dengan lebih mudah.

“Fokus dan jalankan sesuai dengan apa yang direncanakan, maka apa yang ditargetkan akan dapat tercapai lebih mudah dan saya yakin teman-teman guru bisa menjalankan itu semua,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin