Berita Bekasi Nomor Satu

Jalur Terendam, Kemacetan Mengular, Jalan Protokol Lumpuh

MOGOK : Sejumlah pengendara sepeda motor mogok usai menerobos banjir di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Selasa (6/12). Banjir sedalam 30 cm sampai 60 cm di jalan protokol menyebabkan aktivitas lalu lintas lumpuh. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kemacetan panjang terjadi di sejumlah ruas jalan protokol di pusat Kota Bekasi, Selasa (6/12). Kondisi itu terjadi akibat banjir yang menggenangi ruas jalan, salah satunya di Jalan Jenderal Sudirman.

Jalan tidak bisa dilalui kendaraan karena tinggi genangan mencapai 30 hingga 60 cm. Pengendara yang nekat melintas harus mendapati kendaraanya mogok akibat terendam.

Di Jalan Ahmad Yani, pengendara roda dua nampak mencari jalan alternatif lain menuju Jalan Jenderal Sudirman. Lalu lintas terhenti menjelang simpang yang mempertemukan Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Ir H Juanda.

Kemacetan juga nampak di Jalan Ir H Juanda terpantau hingga simpang Proyek, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Sopir bus jemputan karyawan, Dimas (35) mengatakan bahwa tidak biasanya lalu lintas sampai berhenti total. Ia membawa rombongan karyawan dari kawasan Cikarang menuju kawasan Pondok Ungu, Medansatria, Kota Bekasi.

“Biasanya kalau hujan nggak kaya gini, masih bisa jalan pelan-pelan walau macet, ini nggak gerak sama sekali,” katanya, Selasa (6/12).

Akibat macet total, karyawan terlambat sampai di rumah masing-masing. Ia menyampaikan sudah terjebak kemacetan sekira dua jam, mulai pukul 05.30, hingga pukul 19.30 kendaraan belum bergerak.”Ada beberapa (karyawan) yang udah turun duluan,” ungkapnya.

Di lokasi nampak petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian berusaha mengurai kemacetan. Kemacetan kemarin diketahui imbas dari tergenangnya sebagian Jalan Jenderal Sudirman.

“Itu dikarenakan Jalan Jenderal Sudirman depan pom bensin Vivo ada genangan air cukup tinggi, dengan kisaran genangan air setinggi 50 cm,” ungkap Kabid Dalops Dishub Kota Bekasi, Ikhwanudin.

Total 15 personel Dishub diterjunkan di beberapa titik untuk mengurai kemacetan.”Sudah saya kerahkan semua,” tambahnya.

Sementara itu, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi telah mengerahkan petugas untuk menangani genangan air di ruas Jalan Jenderal Sudirman. Petugas dikerahkan bersama dengan pompa portabel.

“Kita kerahkan petugas dan mobil pompa ke lokasi genangan air di Jalan Jenderal Sudirman,” kata Kepala DBMSDA Kota Bekasi, Abdillah Hamta.

Banjir juga menggenangi area permukiman warga akibat hujan deras Selasa sore kemarin. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Enung Nurcholis menerima satu laporan banjir di wilayah Kelurahan Harapan Baru.

“Genangan air akibat bocor dan limpasan air sungai irigasi PJT 2 Kelurahan Harapan Baru, dengan ketinggian air 50 cm,” ungkapnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin