Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkot Gelontorkan Rp 585 Juta

PALANG PARKIR: Pengendara sepeda motor melintasi palang parkir otomatis di Kantor Pemerintahan Kota Bekasi, Selasa (20/12). Untuk pengadaan itu Pemkot gelontorkan anggaran hingga Rp 584 juta. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gerbang Plaza Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi di Jalan Ahmad Yani kemarin sudah dilengkapi palang parkir otomatis, hanya saja belum berfungsi maksimal. Diketahui Pemkot Bekasi menganggarkan Rp 585 juta untuk pengadaan palang parkir tersebut.

Kepala Bagian Umum, Imas Asiah mengatakan bahwa pengadaan palang pintu ini untuk menata kendaraan yang terparkir di lingkungan Plaza Pemkot Bekasi. Palang parkir berfungsi untuk membatasi jumlah kendaraan yang masuk, sehingga tertata dengan baik.

Tidak hanya di Plaza Pemkot Bekasi, palang parkir juga akan diberlakukan di lingkungan kantor pemerintah Kota Bekasi lainnya, jika hasil percontohan di Plaza Pemkot Bekasi berjalan dengan baik.

“Karena pengadaan palang parkir di Pemkot sebagai contoh, dan tidak menutup kemungkinan lingkungan dinas lain juga akan ditempatkan palang parkir juga. Untuk di Pemkot ini ada lima palang parkir yang dianggarkan Rp 585 juta,” ungkapnya.

Usulan pengadaan palang parkir kata Imas, diawali dari kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), didapati kendaraan di lingkungan Pemkot Bekasi semrawut dan tidak tertata. Pengakuan palang parkir dilakukan atas dasar surat hasil kunjungan Menpan-RB, isi surat tersebut salah satunya menata area parkir, kemudian hasil kajian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi.

Hasil kajian area parkir Plaza Pemkot Bekasi, total kapasitas area parkir terdiri dari 355 kendaraan roda empat, dan 897 kendaraan roda dua. Kapasitas area parkir akan dibagi 70 persen untuk ASN, 20 persen untuk Tenaga Kerja Kontrak (TKK), dan 10 persen untuk tamu serta masyarakat umum yang berkunjung ke Plaza Pemkot Bekasi.

“Nantinya, card parkir akan diberikan ke 40 OPD, untuk tamu dan pengunjung tetap bisa masuk melalui petugas Satpol-PP di depan palang parkir masuk. Intinya kita khususkan untuk plat merah, tamu dan pengunjung tetap bisa masuk dengan gratis,” katanya.

Anggaran setengah miliar tersebut digunakan untuk pengadaan lima palang parkir, CCTV, Marka, kartu akses, jaringan fiber optik, sensor, rambu, PC komputer, pekerjaan pondasi, perangkat software, Ladies Parking, tamu VIP, dan garis parkir.

Jika kapasitas area parkir penuh, Pemkot Bekasi disebut akan menyediakan lokasi parkir di area Stadion Patriot Candrabhaga, ujicoba ditarget berlangsung pekan ini. (sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin