Sebelum Digiring ke KPK, Lukas Enembe Diperiksa ke RSPAD

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Gubernur Papua Lukas Enembe tidak langsung digiring ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gubernur Papua itu dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Gubernur Papua Lukas Enembe akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, setibanya di Jakarta. Lukas tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, sekitar pukul 20.45 WIB.


“Untuk memastikan kondisi kesehatannya, dari bandara direncanakan akan dilakukan pemeriksaan lebih dahulu di rumah sakit RSPAD,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

Ali mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Lukas, pada Rabu (11/1/2023) besok. Hal ini untuk memastikan kesehatan Lukas Enembe, sebelum menjalani serangkaian pemeriksaan di KPK.


BACA JUGA: Usai Lukas Enembe Ditangkap KPK, Situasi Jayapura Memanas

“Sehingga kami agendakan besok ya, besok siang mudah-mudahan. Karena ini kan penangkapan itu memang sesuai dengan hukum acara pidana kan 1 x 24 jam, jadi statusnya masih orang yang ditangkap,” ujar Ali.

Setelah memastikan kesehatan Lukas Enembe, kata Ali, KPK akan memberikan perkembangan kasus Lukas Enembe.

“Besok siang kami akan sampaikan perkembangannya pada teman-teman semuanya,” tegas Ali.

Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya menyatakan, Lukas hendak pergi meninggalkan Indonesia, melalui Bandara Sentani sebelum dilakukan penangkapan.

“KPK mendapatkan informasi tersangka Lukas Enembe akan ke Mamit Tolikara, pada Selasa, 10 Januari 2023 melalui Bandara Sentani. Bisa jadi tersangka Lukas Enembe akan meninggalkan Indonesia,” ujar Firli.

Setelah menerima informasi tersebut, kata Firli, KPK berkoordinasi dengan Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Budi Satrijo, dan Kabinda Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto untuk membantu penangkapan Lukas Enembe. Lukas berhasil ditangkap di Bandara Sentani sekitar pukul 12.27 WIT.

“Penangkapan terhadap tersangka Lukas Enembe di Bandara Sentani karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura,” ucap Firli.

Lukas Enembe kemudian dibawa ke Mako Brimob Papua untuk diamankan sebelum dibawa ke Jakarta pada pukul 15.00 WIT.

Lukas Enembe diterbangkan ke Jakarta menggunakan Trigana Air setelah transit di Manado, Sulawesi Utara.

“Setibanya di Jakarta Saudara Lukas Enembe akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD dengan didampingi tim KPK,” ucap Firli. (jpc)