Berita Bekasi Nomor Satu

Ketua MGMP PJOK SMP Kabupaten Bekasi Minta Guru Tidak Malu Berbagi Ilmu

Ketua MGMP PJOK SMP Kabupaten Bekasi Agus Maolan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Agus Maolan merupakan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMP Kabupaten Bekasi. Keberadaan MGMP PJOK dinilai sangat penting

Bagi Agus-sapaan akrabnya- MGMP PJOK menjadi wadah para guru PJOK untuk mengembangkan profesionalitas kerja.

“Kehadiran guru olahraga dalam sebuah forum atau ikatan MGMP ini sangatlah bermanfaat, khususnya untuk update pengetahuan tentang pembelajaran olahraga,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (3/2).

Selama ini, para guru yang tergabung dalam MGMP PJOK SMP Kabupaten Bekasi berusaha saling melengkapi. Para guru saling membantu mengenai permasalahan yang dihadapi serta berbagi ilmu.

“Kami terapkan agar guru tidak malu untuk melakukan sharing, khususnya bagi guru yang memiliki ilmu baru dalam perkembangan keolahragaan,” ujarnya.

Apalagi, dikatakan guru SMPN 3 Cikarang Utara ini, karakter mengajar guru di setiap sekolah berbeda-beda. Meskipun demikian, ditegaskan Agus, guru yang tergabung MGMP PJOK SMP Kabupaten Bekasi memiliki tujuan yang sama.

“Walaupun berbeda kami memiliki tujuan pembelajaran yang sama, sehingga wadah MGMP ini sangat tepat untuk bisa menghadirkan guru yang bermanfaat dan bisa update akan metode pembelajaran,” tutur pria berusia 57 tahun ini.

Upaya meningkatkan pengetahuan keolahragaan para guru tidak hanya dilakukan melalui diskusi secara rutin. Melainkan juga melalui kegiatan studing banding.

“Studi banding ini kami lakukan untuk melakukan pendalaman pada cabang olahraga unggulan untuk menuju prestasi olahraga,” kata Agus.

Harapannya, melalui studi banding guru dapat melakukan pengembangan model pembelajaran yang menarik untuk siswa. “Studi banding ini diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran yang menarik dan tentunya juga terus update untuk pengetahuannya,” pungkasnya.

Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Agus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Hal itu dilakukan karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah terhindar dari penyakit.

Terlebih Agus merupakan pria yang memiliki aktivitas cukup padat. Selain mengajar di sekolah, juga mengurus organisasi MGMP PJOK dan KONI Kabupaten Bekasi.

Aktivitas yang padat itu menuntutnya untuk merilekskan diri dan pikiran. Dengan demikian, dirinya dapat melanjutkan aktivitasnya di kemudian hari dengan pikiran yang tenang dan segar.

“Saya punya hobi bersepeda dan hiling-hiling sama keluarga, biar pikiran dan tubuh bisa istirahat sejenak,” ungkapnya.

Menurut Agus, penting untuk bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. “Menjaga kesehatan dan kebugaran itu sangat penting, apalagi saya sebagai seorang guru olahraga,” ucapnya.

Aktivitas bersepeda dijalani Agus setiap hari libur. Sementara, jalan-jalan mengunjungi suatu tempat dilakukan pada momen tertentu.

“Hiling-hiling sedikit aja biar pikiran bisa lebih jernih, jadi setelah itu bisa melakukan aktivitas dengan lebih fresh lagi,” ucapnya.

Dikatakannya, selagi masih ada kesempatan dan waktu alangkah lebih baiknya melakukan aktivitas dan kegiatan yang positif. “Lakukan kegiatan yang bermanfaat dan tentu harus berdampak baik pada diri kita,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Agus Maolan

Lahir: Kuningan, 8 Juni 1966

Riwayat Pendidikan:

– SDN Darma 03 Kuningan (1980)

– SMP PGRI Kuningan (1983)

– SMAN 1 Kuningan (1986)

– D3 Pendidikan Olahraga IKIP Bandung (1989)

– S1 Pendidikan Olahraga Universitas Islam 45 Bekasi (2007)

– S2 Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Jakarta (2013)

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin