Berita Bekasi Nomor Satu

Jelang UKK, Sekolah Matangkan Persiapan Siswa

ILUSTRASI: Sejumlah siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan SMKN 15 Kota Bekasi saat melaksanakan ujian praktik. Sejumlah sekolah jenjang SMK mulai memberikan pembekalan kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti UKK. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah sekolah jenjang SMK mulai memberikan pembekalan kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti uji kompetensi keahlian (UKK). Rencananya, UKK akan dilaksanakan pada April 2023. Wakil

Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Kota Bekasi Dhani Irawan menjelaskan, pembekalan kepada siswa baru mulai dilakukan. Menurut Dhani, pembekalan bagi siswa penting dilakukan.

“Pembekalan menjadi bagian penting untuk mempersiapkan dari segi teknis, mental, dan keterampilan atau kompetensi saat menghadapi UKK,” ujar Dhani kepada Radar Bekasi, Selasa (7/2).

Menurutnya, UKK akan dilaksanakan dua bulan lagi. Ia menegaskan, pembekalan penting dilakukan agar siswa lebih matang dalam persiapan menghadapi UKK.

“Rencananya awal April kami sudah mulai melaksanakan UKK kepada sejumlah siswa. Pembekalan dilakukan sekarang agar persiapan lebih matang,” ucapnya.

Disampaikan bahwa selama dua tahun terakhir pembekalan tidak diberikan secara maksimal karena adanya berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19.

“Saat pandemi kami tetap berikan pembekalan, namun tidak maksimal karena dibatasi semua baik dari segi waktu dan jumlah siswa,” ucapnya.

BACA JUGA: Minim Minat Kuliah, Hanya 28 Siswa Eligible Ingin Lanjutkan Pendidikan

Dengan meredanya kasus Covid-19 saat ini, pihaknya akan memberikan pembekalan kepada siswa secara lebih maksimal seiring tidak adanya pembatasan.

“Saat ini kami berikan pembekalan dengan maksimal karena tidak ada lagi pembatasan waktu dan siswa. Mudah-mudahan siswa bisa lebih siap dan maksimal dalam menjalani proses penilaiannya,” tuturnya.

Dalam UKK nanti, jelas Dhani, proses penilaian akan melibatkan penguji dari luar sekolah. Adapun penilaian tersebut meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa.

Hal senada dikatakan Kepala SMKN 11 Kota Bekasi Kurniawan. ia mengungkapkan, UKK di sekolahnya akan dilaksanakan pada pertengahan April 2023.

“Kami akan melaksanakan UKK di minggu kedua April 2023,” ucapnya.

Sebelum UKK, pada minggu Maret 2023 dan awal April 2023 sekolah terlebih dahulu akan melaksanakan para UKK bagi siswa. Menurutnya, pra UKK akan menjadi gambaran bagi siswa dalam pelaksanaan UKK.

“Pra UKK ini adalah gambaran mereka bagaimana pelaksanaan UKK ini akan dilaksanakan, melatih kesiapan mental mereka juga,” ucapnya.

Pihak sekolah berharap pelaksanaan UKK tahun ini dapat dijalankan lebih baik dan maksimal oleh seluruh siswa kelas XII. “Semoga mereka lebih siap dan maksimal dalam proses penilaiannya nanti, karena penilaian UKK ini sangat penting untuk kenaikan kelas,” pungkasnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin