Berita Bekasi Nomor Satu

90 Persen Sekolah Swasta di Kota Bekasi Sudah Buka Pendaftaran PPDB

ILUSTRASI: Panitia PPDB SMK Bistek Kota Bekasi memberikan penjelasan tentang keunggulan sekolah kepada siswa sekolah swasta. Sebanyak 90 persen sekolah swasta di Kota Bekasi sudah membuka pendaftaran siswa baru. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 90 persen sekolah swasta di Kota Bekasi sudah membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB). Demi mendapatkan siswa, panitia PPDB di setiap satuan pendidikan gencar promosi ke siswa sekolah di bawahnya.

Sekretaris Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi Ayung Sardi Dauly menyampaikan, jumlah sekolah swasta yang sudah membuka pendaftaran siswa baru bertambah.

“Hampir 90 persen sekolah swasta sudah mulai membuka pendaftaran, setelah sebelumnya di November dan Desember 2022 tercatat baru 50 persen yang membuka pendaftaran,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (13/2).

Situasi pandemi Covid-19 yang sudah mereda, membuat panitia PPDB lebih leluasa promosi ke sekolah untuk mempresentasikan keunggulan satuan pendidikan.

“Media promosinya, sama tapi situasi dan kondisi yang berbeda. Dua tahun kemarin sekolah cukup terbatas mempromosikan sekolahnya, tapi saat ini sudah bisa lebih leluasa,” ucapnya.

BACA JUGA: Sebagian Sekolah Swasta Gagal Penuhi Kuota Siswa Baru

Dikatakan Ayung, beberapa bulan jelang PPDB sekolah negeri, satuan pendidikan swasta akan lebih giat mempromosikan sekolahnya ke sekolah lain.

“Jelang PPDB sekolah negeri memang sekolah swasta sedang giat-giatnya mempromosikan sekolah, baik ke sekolah negeri maupun sekolah swasta di bawahnya,” tuturnya.

Sementara, Ketua PPDB SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Kota Bekasi, Riono mengungkapkan, pendaftaran siswa baru sudah dibuka sejak awal tahun ini.

“Kami sudah mulai buka pendaftaran sejak 1 Januari 2023 sampai kuota terpenuhi,” terangnya.

Riono menyampaikan, pada tahun ini strategi promosi yang dilakukan sama dengan tahun sebelumnya. Namun hanya berbeda dari teknis pelaksanaannya.

“Media promosinya hampir sama yaitu di Instagram, web sekolah, dan ke sekolah-sekolah. Tapi tahun lalu kita hanya bisa nitip brosur saja, tapi kalau untuk saat ini kita bisa berinteraksi dengan siswa mempromosikan langsung sekolah kami kepada mereka,” ucapnya.

BACA JUGA: 660 Mahasiswa Relawan Pajak Jabar III Siap Bantu Wajib Pajak

Dari target penerimaan siswa baru sebanyak  300 orang, kini SMK Bistek  telah menerima 20 siswa baru. Riono bersyukur atas capaian tersebut. “Alhamdulillah sudah ada 20 siswa yang pasti akan masuk, karena sudah mendaftar dan membayar lunas uang pendaftaran,” terangnya.

Dengan kembalinya keleluasaan dalam menyampaikan promosi sekolah, ujar dia, maka akan semakin besar peluang sekolah untuk mencapai target siswa baru.

“Kami optimis akan lebih baik dan capai target yang diinginkan,” pungkasnya. (dew)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin