Berita Bekasi Nomor Satu

Wawasan Kebangsaan Penting Dipahami Siswa

SOSIALISASI: Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto memberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada siswa SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi, Rabu (15/2). DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Wawasan Kebangsaan (Wasbang) penting dipahami oleh siswa. Salah satu pentingnya untuk memberikan pemahaman terkait proses demokrasi yang akan digelar tahun depan. Kemarin, Rabu (15/2), siswa SMA Tulus Bhakti TB Kota Bekasi mendapatkan sosialisasi mengenai Wawasan Kebangsaan dari Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Sosialisasi wawasan kebangsaan dikemas dengan menarik melalui gim dan pertanyaan kepada siswa. Dalam kesempatan itu, Tri Adhianto mengungkapkan, sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar terkait proses demokrasi.

“Sosialisasi Wasbang ini dilakukan dalam rangka proses demokrasi, dimana pemahaman terkait demokrasi ini penting sekali diberikan kepada sejumlah pelajar,” ujarnya.

Menurutnya, dalam proses demokrasi pelajar memiliki hak suara, harus cerdas, dan rasional dalam memilih wakil rakyat yang bisa merealisasikan keinginan mereka.

“Pelajar harus tahu bahwa pada 14 Februari 2024, proses Pemilihan Umum pergantian kepemimpinan wakil rakyat akan dilaksanakan, sehingga dalam hal ini mereka bisa memilih secara cerdas dan rasional,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini telah dilakukan sejak awal tahun kepada sejumlah sekolah di wilayah Kota Bekasi. Tentu dari setiap sosialisasi yang diberikan pihak Pemerintah Kota Bekasi langsung melakukan evaluasi.

“Sosialisasi sudah kami lakukan sejak bulan lalu, tentu dari sosialisasi yang diberikan kami juga telah melakukan evaluasi,” terangnya.

BACA JUGA: SMA Marsudirini Dukung Siswa Raih Prestasi

Pelaksanaan sosialisasi akan terus dilaksanakan secara bertahap kepada sejumlah pelajar lain di Kota Bekasi. “Tentu akan dilaksanakan secara bertahap kepada sekolah-sekolah lain,” ucapnya.

Sementara, Kepala SMA Tulus Bhakti TB Kota Bekasi Margo Cahyono mengungkapkan, sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini sangat penting untuk diberikan kepada siswa.

“Tentu sosialisasi ini sangat penting sekali diberikan kepada siswa, jadi kami sangat berterima kepada bapak Plt Wali Kota yang telah memberikan sosialisasi ini kepada siswa kami,” tuturnya.

Margo mengatakan, perkembangan era yang cukup berkembang pesat mengakibatkan banyaknya perubahan menjadi sesuatu yang penting bagi siswa untuk mendapatkan sosialisasi Wawasan Kebangsaan.

“Ini sangat penting disampaikan kepada siswa, dimana saat ini perkembangan era yang cukup cepat. Kami memiliki kekhawatiran bahwa rasa cinta siswa terhadap bangsa akan memudar, jadi sosialisasi ini sangat baik untuk menggugah hati mereka untuk cinta akan bangsanya sendiri,” ucapnya.

Pihaknya berharap, sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didiknya. “Kami harap dari sosialisasi ini bisa memberikan dampak positif bagi siswa dan tentunya bisa menjadi pelajaran berharga bagi mereka semua,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin