Berita Bekasi Nomor Satu

Penilaian Tengah Semester Dilaksanakan Maret

ILUSTRASI: Guru SMK Citra Mutiara memberikan materi pelajaran di kelas. PTS di sejumlah satuan pendidikan akan dilaksanakan mulai pertengahan Maret 2023. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penilaian tengah semester (PTS) di sejumlah satuan pendidikan di Bekasi akan dilaksanakan pada Maret 2023. Mulai sekarang, siswa diminta untuk melakukan persiapan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo menjelaskan, PTS merupakan bagian terpenting dari proses penilaian rapor.

“PTS ini merupakan bagian terpenting untuk pemenuhan nilai rapor,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (20/2).

Menurut Prawiro, PTS akan dilaksanakan pada 13-18 Maret 2023. Kini, sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh para guru dengan membuat soal ujian PTS.

“Saat ini kami juga arahkan siswa untuk melakukan persiapan,” jelasnya.

BACA JUGA: Wawasan Kebangsaan Penting Dipahami Siswa

Ia telah meminta siswa diminta untuk fokus belajar mengenai materi yang akan diujikan. Selain itu siswa juga dapat membuat WhatsApp grup diskusi untuk pembahasan materi yang masih butuh pengayaan.

“Beberapa kesiapan tentu harus dilakukan siswa, salah satunya fokus pada pembelajaran khususnya pada materi yang akan diujikan, selanjutnya siswa bisa membuat forum diskusi untuk membahas materi-materi yang kiranya memang belum dipahami,” ucapnya.

Dikatakannya, sekitar 20-30 persen hasil PTS untuk membantu penambahan penilaian siswa di rapor semester. “20-30 persen penilaian rapor dapat dibantu dari penilaian PTS, makanya sangat penting untuk siswa mempersiapkan diri dalam pelaksanaannya,” terangnya.

Sementara, Kepala SMP PGRI II Kota Bekasi Ma’mun Murod mengungkapkan, PTS  akan dilaksanakan pada awal 6-10 Maret 2023. Menurutnya, PTS akan menjadi gambaran bagi progres pembelajaran siswa sebelum akhirnya melaksanakan ujian akhir semester.

“PTS itu merupakan gambaran atau rapor bayangan dari progres pembelajaran siswa, jadi sekolah bisa mengetahui progres pembelajaran siswa melalui PTS ini,” tuturnya.

Dikatakannya, PTS memiliki peran penting untuk penilaian rapor semester. Secara persentase sekitar 30-40 persen untuk membantu penilaian siswa

BACA JUGA: 90 Persen Sekolah Swasta di Kota Bekasi Sudah Buka Pendaftaran PPDB

“Persentasenya cukup besar, makanya siswa diwajibkan untuk mengikuti PTS ini, jika tidak maka akan berpengaruh juga pada penilaian rapor,” terangnya.

Dalam PTS, ada beberapa materi pembahasan pokok sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah dituntaskan oleh siswa sebelumnya. Berbeda dengan ulangan harian.

“Kalau PTS bisa 5 sampai dengan 6 pembahasan yang akan dimuat dalam soal-soal ujiannya,” ucapnya.

Dalam hal ini, pihak sekolah meminta kepada siswa untuk fokus dan mempersiapkan diri dalam  PTS. Dengan demikian, hasil yang didapat nantinya bisa lebih maksimal.

“Persiapkan diri baik dari materi dan kesehatan, jangan sampai tidak mengikuti karena penilaian ini sangat berpengaruh terhadap penilaian rapor,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin