Berita Bekasi Nomor Satu

Tambah Wawasan Pelaku UMKM

PELATIHANI: Para pelaku UMKM Kota Bekasi saat mendapatkan kelas pertama, dari program kelas UMKM. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Juara yang diinisiasi oleh Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk keberlangsungan pelaku UMKM.

Program pembekalan tersebut juga diberikan kepada 150 UMKM Kota Bekasi dari berbagai jenis usaha makanan, minuman, fashion, aksesoris hingga kerajinan tangan.

Koordinator UMKM Jabar Juara Kota Bekasi, Afif Ridwan menyampaikan, bahwa tahun ini merupakan tahun ke-5 dimana kegiatan kelas UMKM diadakan di Kota Bekasi.

“Ini sudah menjadi program tahunan dimana program ini tentu sangat membantu para pelaku UMKM di Kota Bekasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (30/5).

Beberapa pendampingan usaha yang diberikan meliputi, pendampingan legalitas usaha, pemasaran, akses permodalan, digital marketing hingga kegiatan bazar.

“Kelas UMKM ini akan berlangsung selama empat bulan lamanya, yaitu dimulai sejak bulan Mei sampai Agustus 2023,” tuturnya.

Dengan adanya program ini tentu para pelaku UMKM dapat membuka wawasan baru untuk mengembangkan usaha dan membangun jaringan serta relasi.

“UMKM bisa mengembangkan usahanya, membangun jaringan dan juga menambah relasi yang sangat luas,” ucapnya.

Seperti pemahaman tentang legalitas, maka melalui kelas UMKM ini mereka akan mengetahui cara dan dibantu untuk mendapatkan legalitas usahanya.

“Kelas UMKM akan membantu aksesnya, karena mereka yang belum memiliki legalitas kadang bingung harus mengurus dan menghubungi pihak mana,” tuturnya.

Lebih lanjut, besar harapannya adalah bagi para pelaku UMKM bisa memiliki legalitas usaha, mampu meningkatkan penjualan secara online maupun offline, dapat mengakses pembiayaan dan bisa naik kelas menjadi pengusaha tangguh dan sukses.

“Yang terpenting adalah mereka bisa menjadi para pelaku UMKM yang tangguh dan sukses,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin