Kejutan Piala Dunia U-20, Taklukkan Brasil, Israel Melaju ke Semifinal

Pemain timnas Israel U-20, Dor David Turgeman (dua kanan) merayakan gol penentu kemenangan timnya atas Brasil U-20 di Piala Dunia U-20 2023. (AFP)

RADARBEKASI.ID, ARGENTINA – Ibarat dongeng Cinderella, timnas Israel U-20 membuat kejutan dengan melaju ke semifinal Piala Dunia U-20 2023. Mereka secara mengejutkan menyudahi perlawanan Brasil 3-2 lewat perpanjangan waktu.

Piala Dunia U-20 2023 di Argentina menjadi perjalanan pertama timnas muda Israel. Mereka sempat tampil di Piala Dunia 1970, tapi tak meraih satu pun kemenangan.

Namun, mereka tak mempermasalahkan kekurangan itu saat mentas di Negeri Tango. Satu persatu kejutan dilakukan timnas Israel U-20, mulai dari penyisihan grup hingga meraih kemenangan dramatis 1-0 atas Uzbekistan, Selasa (30/5/2023).

BACA JUGA: Bos Pemegang Lisensi Merchandise Piala Dunia U-20 2023 ‘Rungkad’

Mereka sempat mengalami kekalahan pertama dari Kolombia di fase grup, tapi meraih hasil cukup impresif ketika bermain imbang kontra Senegal di laga kedua. Puncaknya, mereka melakukan comeback luar biasa setelah menyudahi perlawanan Jepang, Sabtu (27/5/2023).

Hasil itu membuat mereka melaju ke tahap selanjutnya hingga mengalahkan Uzbekistan hingga salah satu kandidat juara Brasil. Kemenangan atas Brasil tentu saja membuat Israel memiliki motivasi tinggi untuk mengukir sejarah di Argentina.

Di semifinal nanti, mereka masih menunggu pemenang antara Uruguay atau Amerika Serikat. Mereka berharap bisa melakukan hal serupa, yakni kembali menang untuk mencapai partai puncak.

BACA JUGA: 4 Poin Erick Thohir Respons Keputusan FIFA Batalkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Setelah babak pertama tanpa gol, Marcos Leonardo mencetak gol pertama untuk Brasil dan Israel menyamakan kedudukan melalui sundulan Anan Khalaili empat menit kemudian.

Matheus Nascimento mengubah skor menjadi 2-1 untuk Brasil di menit pertama perpanjangan waktu, tetapi Hamza Shibi mencetak gol kedua Israel dua menit kemudian dari jarak dekat.

Dor David Turgeman mencetak gol kemenangan di injury time babak pertama perpanjangan waktu setelah menggiring bola melewati dua bek Brasil di kotak penalti.

BACA JUGA: Nih, Hasto Sekjen PDIP Respons Keputusan FIFA Batalkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

“Sungguh gol yang luar biasa,” kata Tay Abed dari Israel. “Itu adalah gol gaya Brasil. Itulah yang bisa dilakukan Dor Turgeman. Dia pemain yang fantastis. Dia menjadi salah satu pemain terbaik di turnamen ini.”

Israel memang menunjukkan kelasnya di laga tersebut, apalagi mereka sempat menyia-nyiakan dua tendangan penalti di babak kedua perpanjangan waktu, yang membuat drama menjadi penuh waktu.

“Israel lebih baik dari Brasil pada hasilnya, dan kami tidak memainkan permainan terbaik kami,” kata gelandang Brasil Marlon Gomes, yang bermain di perpanjangan waktu saat cedera karena Brasil tidak bisa melakukan pergantian pemain. “Kami tidak bisa mempertahankan keunggulan kami dalam dua peluang berbeda. Kami bisa melakukannya dengan lebih baik.”

BACA JUGA: FIFA Batalkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Italia rebut semifinal ketiga beruntun

Sementara Italia juga mencapai babak empat besar di Argentina. Mereka lolos setelah meraih kemenangan meyakinkan 3-1 melawan Kolombia. Mereka juga masih menunggu penantang antara Nigeria atau Korea Selatan.

Cesare Casadei, salah satu pemain top turnamen, mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-9. Tommaso Baldanzi menambah gol kedua dari jarak dekat pada menit ke-38. Francesco Esposito membuat skor menjadi 3-0 pada menit ke-46.

Kolombia memperkecil ketertinggalannya dengan gol Jhojan Torres pada menit ke-49 dari tepi kotak penalti. Hasil itu membuat Italia membukukan tempat semifinal Piala Dunia U-20 ketiga berturut-turut. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin