Berita Bekasi Nomor Satu

Segera Isi Kekosongan Tiga Pimpinan OPD

Penetapan Awal September

ILUSTRASI: ASN beraktivitas di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Bekasi sebelum pandemi, beberapa waktu lalu.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi tahun 2023 saat ini tengah berlangsung, sejumlah rangkaian seleksi telah dilaksanakan.

Nantinya mereka akan mengisi tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah lama kosong.

Diketahui pembukaan pendaftaran bagi seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama telah dibuka sejak 26 Juni – 10 Juli 2023 lalu, dimana sejumlah kandidat wajib melengkapi berkas administrasi yang telah ditentukan.

Kepala Bidang Administrasi dan Pengembangan Karir Aparatur pada BKPSDM kota Bekasi, Meri Soniati menyampaikan, bahwa saat ini rangkaian seleksi telah selesai dan telah diumumkan masing-masing OPD ada tiga kandidat dengan perolehan nilai tertinggi.

“Rangkaian seleksinya sudah selesai dan sudah diumumkan juga masing-masing tiga kandidat terpilih,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (2/8).

Proses seleksi dilakukan dua tahap yaitu, seleksi administrasi dan juga seleksi kompetensi yang terdiri dari kompetensi manajerial dan juga kompetensi bidang dan sosial kultural (wawancara dan paparan makalah).

“Proses seleksi dilakukan dari tanggal 11 Juli – 18 Juli 2023 bulan lalu, dan keluar hasil tiga besar kandidat di tanggal 31 Juli 2023 kemarin,” ucapnya.

Diketahui sementara ini formasi jabatan yang dibutuhkan ialah, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, dan juga Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Bekasi.

“Masing-masing jabatan memiliki tiga kandidat terpilih untuk dilaporkan hasilnya kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Provinsi dan juga Kemendagri,” jelasnya.

Kemudian, setelah dilaporkan hasilnya kepada sejumlah pihak terkait, maka setelah rekomendasi keluar hasil akan diumumkan dan barulah kandidat terpilih akan menjalan proses pelantikan.

“Setelah rekom semua keluar barulah dilantik,” ucapnya.

Rencananya penetapan calon terpilih akan disampaikan secara online melalui website Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi.

“Jika tidak berubah hasil akan diumumkan melalui website di tanggal 1 September 2023,” jelasnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Faisal menyampaikan, bahwa terkait pemilihan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama yang saat ini tengah berlangsung, pihaknya akan melakukan evaluasi guna mencapai target yang diinginkan.

“Sementara ini kami serahkan proses seleksi kepada pemerintah Kota Bekasi, kami juga berikan kesempatan kepada kandidat terpilih untuk menjalankan tupoksinya. Namun demikian dalam proses kerjanya nanti kami akan melakukan pemantauan untuk dilakukan evaluasi setelahnya,” terangnya.

Pihaknya berharap kandidat terpilih merupakan kandidat yang berkompeten di bidangnya dan tentunya mampu menjalankan tupoksinya dengan baik.

“Kita hanya berharap terpilih orang yang berkompetensi dan mampu menjalankan tupoksi nya dengan baik,” pungkasnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin