Berita Bekasi Nomor Satu

KONI Pusat Resmi Tunjuk Kota Bekasi dan Kota Bogor Tuan Rumah PON Bela Diri Tahun 2023

Ketum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman (tiga dari kanan) foto bersama pengurus KONI Kota Bekasi usai menyerahkan SK penunjukan tuan rumah PON Bela Diri Tahun 2023. Foto ist.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat resmi menunjuk Kota Bekasi dan Kota Bogor sebagai tuan rumah perdana Pekan Olahraga Nasional (PON) Bela Diri nasional tahun 2023.

“Saya berterima kasih kepada Kota Bekasi dan Kota Bogor yang telah bersedia menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri nasional,” ungkap Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman kepada Kadispora Kota Bekasi Ahmad Zakarsih didampingi KONI Kota Bekasi dan KONI Kota Bogor yang dihadiri Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim di kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta. PON Bela Diri nasional akan diselenggarakan pada tahun 2023 ini sebagaimana rencana KONI Pusat.

BACA JUGA: Terpilih Lagi Pimpin PORLASI Kota Bekasi, Yenni Catarina Optimistis Cabor Layar Juara Umum Porprov Jabar 2026

“Ini akan tercatat dalam sejarah bahwa Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang pertama diselenggarakan di Kota Bogor dan Kota Bekasi,” tambah Marciano.

Dalam PON Bela Diri 2023, cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain Anggar (Bekasi), Kempo (Bekasi), Ju-Jitsu (Bekasi), Karate (Bekasi), Gulat (Bogor), Kick Boxing (Bogor), Sambo (Bogor), Wushu (Bogor), Taekwondo (Bekasi).

Marciano menjelaskan, PON Bela Diri adalah salah satu terobosan KONI Pusat untuk menambah multievent olahraga berkualitas di dalam negeri. Selain PON Bela Diri, tidak menutup kemungkinan, akan ada PON Indoor Nasional, PON Pantai Nasional dan lainnya.

BACA JUGA: Ini Target Emas Pengcab IMI Kota Bekasi di Porprov Jabar 2026

“Awalnya, KONI Pusat ini hanya punya PON yang dilakukan setiap 4 tahun sekali. Kita merasa masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Setelah mendapat masukan-masukan, oleh karena itu, kita akan membuat kompetisi tambahan, yang pertama PON Bela Diri,” jelas Marciano.

Selama ini PON diselenggarakan di setiap provinsi. Khusus PON Bela Diri, akan dilakukan di kabupaten/kota,” tambah Marciano.

Marciano mengajak seluruh pihak dari berbagai lapisan, baik itu pusat, provinsi maupun kabupaten/kota bersatu untuk prestasi olahraga Indonesia yang lebih baik.

BACA JUGA: Atlet Indonesia Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

“Mari kita sama-sama bersinergi untuk meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi dengan segala turunannya,” ajak Marciano merujuk Sport Industry, Sport Tourism, Sport Science.

Wakil I Ketum KONI Pusat Mayjen TNI Purn Dr.Suwarno tegaskan pentingnya olahraga bela diri Indonesia untuk terus ditingkatkan. “Berkaca SEA Games Kamboja, penyumbang medali terbanyak dari cabang olahraga bela diri,” katanya.

Sebagai tuan rumah, Kota Bekasi dan Kota Bogor menyampaikan kebanggaan dan ungkapan terima kasih atas kepercayaan KONI Pusat yang menunjuk kedua kota tersebut sebagai tuan rumah PON Bela Diri tahun ini.

Kota Bekasi menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah PON Bela Diri dengan menyiapkan venue yang akan dipakai dalam pelaksanaan PON Bela Diri tahun ini. “Kami telah menyiapkan venue-venue yang ada,” kata Kadispora Kota Bekasi Ahmad Zarkasih.

Kota Bogor menyatakan akan menjalankan pelaksanaan PON Bela Diri dengan sepenuh hati. “Dengan dipercayakannya (PON Bela Diri) kepada kami, akan kami laksanakan amanat ini sebaik-baiknya,” jelas Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin