Berita Bekasi Nomor Satu

Bursa Kerja Virtual Kabupaten Bekasi: 14.951 Pencari Kerja Berebut 912 Lowongan

ILUSTRASI: Sejumlah buruh pulang kerja di kawasan industri MM2100 Cibitung Kabupaten Bekasi, belum lama ini. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masyarakat antusias mencari kerja jelang akhir tahun ini. Hal itu terlihat dari penyelenggaraan Pameran Bursa Kerja Virtual Kabupaten Bekasi 2023 yang berlangsung selama dua hari pada Rabu dan Kamis (18-19/10).

Di lihat dari https://jobfair.kemnaker.go.id, Pameran Bursa Kerja Virtual Kabupaten Bekasi 2023, hingga Kamis (19/10) pukul 16.00 WIB telah ada 14.951 pencari kerja. Kegiatan yang diikuti 45 perusahaan ini menyediakan 113 lowongan kerja.

“Dari 113 lowongan pekerjaan itu membutuhkan 912 kuota,” ujar Kepala Bidang Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktivitas (IPKPP) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi, M. Ali Amran.

Ia menjelaskan bahwa job fair virtual ini diadakan setelah Disnaker mengirim surat ke perusahaan. Surat tersebut mencantumkan Portal Kemenaker, tempat perusahaan dapat mendaftar.

“Dari situ perusahaan kembali dikasih link, akhirnya yang daftar ada 45 perusahaan,” jelasnya.

Dikatakannya, perusahaan yang terdaftar dalam virtual job fair adalah yang kredibel dan lengkap administrasinya. Kegiatan ini merupakan integrasi dengan Peraturan Presiden Nomor 57 tahun 2023 yang menetapkan kewajiban pelaporan lowongan kerja oleh perusahaan.
Menurutnya, job fair secara virtual terbilang lebih optimal dibandingkan offline. Sebab, dari pengalaman sebelumnya pelaksanaan job fair offline kebanyakan lamaran pencari kerja hanya ditumpuk.

“Dengan begini perusahaan sudah mengumumkan kebutuhannya dan pencari kerja bisa melihatnya. Pak Pj tadi menyampaikan bahwa kita memprioritaskan warga Kabupaten Bekasi,” tuturnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin