Berita Bekasi Nomor Satu

Guru Maksimalkan Proses Pembelajaran Jelang PAS Ganjil

ILUSTRASI: Guru SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi memberikan treatment kepada siswa di kelas. Proses PTS pada beberapa sekolah telah selesai dilaksanakan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah guru sekolah tengah memaksimalkan proses pembelajaran siswa jelang Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara, Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo, menyampaikan bahwa saat ini sejumlah guru tengah mengoptimalkan proses pembelajaran jelang pelaksanaan PAS.

“Setelah pelaksanaan PTS bulan lalu, kami sedang melakukan pengoptimalan proses pembelajaran siswa,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (29/10/2023).

Sesuai dengan kalender pendidikan, PAS akan dilaksanakan antara 4-16 Desember 2023. Sehingga, pengoptimalan proses pembelajaran saat ini tengah dilakukan.

“Memang pengoptimalan proses pembelajaran sedang kami lakukan dan harus dituntaskan pada semester ini,” terang Prawiro.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan PTS sebelumnya tidak hanya sekadar evaluasi, tetapi juga menjadi landasan untuk meningkatkan pengoptimalan proses pembelajaran agar lebih efektif.

“Setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan PTS, lalu kami bedah supaya diketahui kelemahan-kelemahan siswa yang harus diperbaiki sebelum pelaksanaan PAS,” ucapnya.

Lanjut Prawiro, bagi siswa yang dianggap tertinggal mata pelajaran di sekolah, akan dibantu membuat pengayaan dan tutor sebaya.

“Bagi siswa yang tertinggal, maka akan dibantu dengan pengayaan dan tutor sebaya,” bebernya.

Tidak hanya itu, masing-masing guru mata pelajaran juga akan menuntaskan materi semester ganjil.

BACA JUGA: Penilaian Tengah Semester Selesai, Sebagian Siswa di Kota Bekasi Wajib Perbaikan

“Masing-masing guru mata pelajaran, diminta untuk menuntaskan materi yang ada di buku pada semester ganjil ini,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 29, Kota Bekasi, Nining. Menurutnya, saat ini para guru tengah melakukan penuntasan materi pembelajaran semester ganjil.

“Kami para guru sedang melakukan penuntasan materi pembelajaran di semester ganjil,” ungkap Nining.

Ia menjelaskan, penuntasan proses pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya mempersiapkan PAS, termasuk pelaksanaan PTS yang sebelumnya.

“Selain menuntaskan semester ganjil, evaluasi PTS juga menjadi bahan kami untuk mempersiapkan pelaksanaan PAS,” tandas Nining.

Pihaknya berharap, para siswa dapat lebih siap dalam pelaksanaan PAS dan mendapatkan target penilaian yang sesuai.

“Harapan kami, para siswa bisa lebih siap dalam pelaksanaan PAS, sekaligus mendapatkan target penilaian yang cukup,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin