Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada Genangan, Jaga Pola Makan

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Ni Made Sumartini

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mengingatkan kembali tentang sejumlah penyakit yang mungkin akan menyerang di masa penghujan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Ni Made Sumartini menyampaikan, agar masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dimasa peralihan musim.

“Peralihan musim dari panas ke hujan ini harus diingatkan kembali kepada masyarakat, untuk bisa menjaga pola kesehatan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (5/11).

Kesiagaan dan kewaspadaan masyarakat terkait serangan beragam macam penyakit harus ditingkatkan, khususnya dengan keberadaan genangan dan rendaman air hujan yang mulai mengguyur Kota Bekasi beberapa hari ke belakang. “Perlu diingat kembali agar dilakukan langkah ke siap siagaan dan antisipasi,” jelasnya.

Sementara diketahui beberapa penyakit yang timbul biasanya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD), Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Diare, Demam Tipoid, dan penyakit kulit.

“Beberapa penyakit yang memang kemungkinan akan terjadi, dan ini harus kita hindari dan harus dilakukan antisipasi,” ucapnya.

Terpisah, Dosen Akademi Kebidanan Bunda Auni, Hadyan Rahmat menyampaikan, bahwa memang beberapa penyakit riskan terjadi pada pergantian musim. Sehingga memang dibutuhkan keperdulian masyarakat mengenai imun kesehatan tubuh, tentunya dalam hal yang utama adalah masyarakat dapat menjaga kebersihan diri, dan juga tempat tinggal.

“Yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri dan jangan lupa lingkungan rumah, karena itu sangat penting sekali untuk mengantisipasi penyakit-penyakit ini timbul,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pola makan sehat juga menjadi faktor utama untuk bisa mengantisipasi, timbulnya penyakit dimasa pergantian musim panas ke hujan.

“Pola makan sehat juga sangat penting diperhatikan, jangan sampai lupa minum air yang cukup. Karena itu sangat penting untuk metabolisme tubuh,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin