Berita Bekasi Nomor Satu

500 Unit Moda Transportasi Ramah Lingkungan Hadir di Lippo Cikarang  

Sejumlah manajemen Lippo Cikarang dan Beam Mobility serta masyarakat mencoba beam rover saat peluncuran di MaxxBox, Lippo Cikarang, Jumat (1/12/2023).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 500 unit beam rover, moda transportasi ramah lingkungan berupa sepeda listrik hadir di kawasan hunian dan komersial Lippo Cikarang. Moda transportasi ini untuk memudahkan mobilitas masyarakat sekaligus mengurangi emisi karbon.

Kehadiran layanan sepeda listrik ini merupakan hasil kerjasama antara PT Lippo Cikarang Tbk dengan Beam Mobility, salah satu perusahaan mobilitas mikro terkemuka di Asia Pasifik. Peluncuran perdana sepeda listrik ini berlangsung Jumat (1/12/2023) di MaxxBox, Lippo Cikarang.

Seperti diketahui, belakangan ini polusi udara menjadi masalah yang mengganggu kesehatan masyarakat Indonesia. Beberapa kota besar di Indonesia telah melampaui ambang batas aman, dan transportasi dinilai menjadi penyumbang terbesar terciptanya polusi udara di Indonesia hingga 44 persen.

Maka dari itu, PT Lippo Cikarang Tbk menjalin kerjasama dengan Beam Mobility untuk menghadirkan layanan kendaraan listrik berupa sepeda yang disebut beam rover di kawasan komersial dan hunian Lippo Cikarang.

“Kendaraan pintar dan ramah lingkungan ini kami yakini akan membantu mobilitas masyarakat di dalam kawasan dan dapat mengurangi emisi karbon, sehingga menjadikan udara kawasan Lippo Cikarang lebih bersih, nyaman dan minim polusi. Kami berharap layanan ini dapat diterima baik oleh masyarakat sekitar,” ujar Chief Operating Officer PT Lippo Cikarang Tbk, Gita Irmasari.

Menurut Gita, kerjasama dengan Beam Mobility merupakan implementasi nyata dari komitmen ESG PT Lippo Cikarang Tbk yang mendukung dekarbonisasi dan gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) warga Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan aspek Asri dalam program “Lippo Untuk Indonesia PASTI”, yakni mencakup terwujudnya kualitas udara bersih dan penggunaan energi ramah lingkungan.

BACA JUGA: Charging Kendaraan Listrik di Mall Hingga Stasiun

Sementara, Head of Estate Management Lippo Cikarang, Sonny Saputro, menjelaskan alasan Lippo Cikarang bekerjasama dengan Beam Mobility.

“Selain brand Beam Mobility yang terkemuka, masyarakat Lippo Cikarang memang butuh moda transportasi yang lebih simpel, lebih dinamis untuk mereka jalan-jalan, beraktivitas muter-muter di area Lippo Cikarang sehingga kami memilih Beam untuk bekerjasama,” ujar Sonny.

Country Lead Beam Mobility Indonesia, Ricky Sjofyan, mengaku bersyukur karena Beam Mobility bisa memperluas jangkauan hingga kawasan perumahan dan komersial di Lippo Cikarang.

“Upaya ini kami lakukan untuk memudahkan mobilitas pengguna juga mendukung program pemerintah Indonesia guna mengurangi emisi karbon,” ujar Ricky.

Dilaporkan, Beam Mobility meluncurkan sebanyak 500 unit beam rover, dengan lebih dari 60 spot parkir yang tersebar di kawasan Lippo Cikarang. Beam rover ini dapat digunakan oleh seluruh warga Lippo Cikarang dan sekitarnya untuk kegiatan sehari-hari maupun sekedar berkeliling kawasan.

“Di Lippo Cikarang ini kami sediakan 500 unit. Ada di 60 titik,” ucapnya.

Beam rover dari Beam Mobility ini memiliki batas kecepatan maksimal hingga 25 km per jam yang dilengkapi dengan fitur teknologi ‘IoT’, sehingga kondisi kendaraan dapat dimonitor secara realtime, melalui aktivasi geofencing.

Selain itu, secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan, seperti ketika diperlukan penggantian baterai.

“Selama periode launching Beam Mobility di Lippo Cikarang, pengguna akan mendapatkan potongan harga layanan yaitu hemat hingga 50 persen dengan harga Rp350 per menit selama penggunaan mulai 1  hingga 14 Desember 2023,” pungkasnya. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin