Berita Bekasi Nomor Satu

Polisi Sidak SPBU di Bekasi Antisipasi Kecurangan

SIDAK SPBU: Anggota unit Krimsus Polres Metro Bekasi saat sidak SPBU di Jalan RE Martadinata Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Minggu (31/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Polisi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur pantura Kabupaten Bekasi.

Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan tidak ada praktik kecurangan pada SPBU menjelang arus mudik lebaran. Mengingat beberapa SPBU di jalur pantura Kabupaten Bekasi menjadi pusat pengisian dan istirahat para pemudik.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi, menyatakan bahwa inspeksi ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terkait kecurangan pada SPBU di beberapa daerah.

“Sebagai langkah pencegahan atau antisipasi kami terkait maraknya penyalahgunaan dan kecurangan yang terjadi akhir-akhir ini dan itu terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia,” ucap Twedi dalam keterangannya, Minggu (31/3).

Sidak dilakukan oleh Unit Kriminal Khusus, meliputi pengecekan tangki penyimpanan BBM, kadar kandungan BBM, dan takaran dispenser SPBU yang langsung diisi ke kendaraan. Kegiatan ini akan berlanjut hingga menjelang Lebaran.

BACA JUGA: Tiga Orang Tersangka Kasus Pertalite Tercampur Air di SPBU Bekasi, “Ngoplos” di Karawang

“Kami juga berikan imbauan kepada para pengelola SPBU agar memastikan tangki penyimpanan BBM tidak terkontaminasi oleh air saat hujan yang bisa saja menyebabkan tercampurnya air dengan BBM,” tambahnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Gogo Galesung, mengatakan tujuan diterjunkannya tim Unit Kriminal Khusus ini sebagai salahsatu upaya memperlancar arus mudik Lebaran. Selama sidak, belum ditemukan adanya SPBU yang melakukan praktik kecurangan.

“Hasilnya tidak ada penyalahgunaan dan kecurangan pada SPBU. Kami memberikan peringatan kepada pengelola SPBU untuk memperketat pengawasan dan pengamanan terhadap pasokan BBM jelang arus mudik yang diprediksi terjadi pada pekan depan,” tandas Gogo. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin