Berita Bekasi Nomor Satu

Kisah Pemudik Kembali ke Perantauan: Terjebak Macet, Cilacap ke Bekasi Selama 15 Jam

CONTRAFLOW: Kepadatan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek Km 38 Cikarang Pusat, Senin (15/4). Kemacetan itu disebabkan sistem contraflow. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemudik mulai kembali ke perantauan setelah merayakan Idulfitri di kampung halaman. Mereka yang kembali saat puncak arus balik Lebaran pada Senin (15/4/2024) harus merasakan kemacetan berjam-jam di perjalanan.

Seperti Topan (32) dan keluarganya terjebak macet selama delapan jam saat kembali ke Kota Bekasi dari kampung halaman di Cilacap Jawa Tengah menggunakan kendaraan roda empat.

“Delapan jam terjebak macet balik ke Bekasi dari perbatasan Tasik – Ciamis (Rajapolah) sampai Malangbong,” katanya, Senin (15/4/2024).

Total waktu perjalanan dari Cilacap ke Kota Bekasi ditempuh selama 15 jam, jauh lebih lama dari biasanya yang hanya lima jam.

“Cilacap ke Bekasi 15 jam. Waktu tempuh kalau gak macet 5 jam udah sampe,” tuturnya.

Volume kendaraan yang tinggi saat puncak arus balik Lebaran membuatnya kerap terjebak kemacetan. Ditambah saat masuk tol Jakarta-Cikampek, ia terkena sistem contraflow di Cikarang.

Sementara, Aldi (34) tiba di rumahnya di Cikarang Kabupaten Bekasi pada Senin (15/4) sekitar pukul 15.00 WIB. Aldi berangkat dari kampung halamannya di Jogjakarta menggunakan kendaraan roda empat pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB melalui Gerbang Tol Kartosuro.

Saat arus balik Lebaran ini, ia menempuh waktu perjalanan lebih lama selama delapan jam. Lamanya waktu itu disebabkan oleh volume kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di beberapa wilayah yang dilintasinya saat menuju Cikarang Pusat.

BACA JUGA: Jadwal One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024  

“Biasanya 6-7 jam tergantung istirahatnya. Dari Jawa sama Bandung ketemuan mas ditambah yang mau naik tol MBZ. Terus yang ke rest area setelah gerbang tol Cikampek itu kan memperlambat kendaraan juga,” kata Aldi.

Saat melalui Tol Batang-Semarang arus lalu lintas menurut Aldi ramai lancar karena diberlakukannya one way. Namun kepadatan kendaraan terjadi saat ia tiba di Gerbang Tol Cikampek. Kecepatan kendarannya pun hanya bisa melaju 50 km/jam.

Diketahui, PT Jasamarga melakukan rekayasa lalu lintas contra flow. Kepadatan itu terjadi karena antrean kendaraan yang masuk ke jalur arah Jakarta pada Tol Jakarta Cikampek Km 36.

“Sedikit macet di Cikampek sekitar 90 menit. Keluar Deltamas Alhamdulillah lancar,” tambahnya.

Terpisah, PT Jasamarga mencatat sejak H+1 hingga H+4 Lebaran sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke wilayah Jabodetabek. Jika dipresentasekan, angka itu meningkat 41,03 persen dari volume lalu lintas pada hari biasanya yang hanya mencapai 681.996 kendaraan.

BACA JUGA: Arus Balik, Tol Bocimi Seksi II Dibuka Gratis Arah Jakarta  

“Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung),” kata Marketing Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, volume kendaraan pada arus balik Lebaran 2024 ini lebih rendah dari sebelumnya. Pihaknya mencatat pada arus balik Lebaran 2023 lalu kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek mencapai 992.223 kendaraan.

Mayoritas, distribusi kendaraan paling pada terjadi di Tol Jakarta Cikampek dari arah timur menuju Jakarta, yakni 520.043 kendaraan atau 54,1 persen. Sedangkan sebanyak 239.316 kendaraan melalui arah barat atau Merak dan 202.493 kendaraan dari arah selatan atau puncak.

“Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 520.043 kendaraan, meningkat 79,5 persen dari lalin normal,” jelasnya.

Ia mengimbau agar para pengendara yang melintas agar mematuhi rambu-rambu serta rekayasa lalu lintas yang dilakukan pihak kepolisian agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan pantuan Senin, arus lalu lintas pada arus balik Lebaran cukup padat di Tol Jakarta-Cikampek Km 38 Cikarang Pusat. Baik kendaraan yang menuju Jakarta maupun Cikampek.

Kepadatan arus lalu lintas sebagai imbas dari sistem contraflow satu lajur arah Jakarta dari km 47 hingga km 36 yang diperpanjang hingga Senin (15/4/2024) pukul 24.00 WIB. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin