Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Pamerkan Kerajinan Lokal di Solo

NAIK KENDARAAN HIAS: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, bersama Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria, menaiki kendaraan hias saat puncak perayaan HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo. PROKOPIM PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pamerkan kerajinan lokal di Kota Solo saat kegiatan puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyatakan kebanggaannya atas partisipasi Kabupaten Bekasi dalam rangkaian acara HUT Dekranas ini, yang dimulai dari pameran produk UMKM hingga kirab kriya Budaya yang diikuti sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 provinsi se-Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah bentuk dukungan dari pemerintah daerah dalam membangun industri kreatif dan kerajinan lokal khususnya yang ada di Kabupaten Bekasi sendiri.

“Kabupaten Bekasi menjadi salah satu yang diundang secara khusus dalam acara ini dengan ikut menampilkan satu unit kendaraan hias, tentu sebuah dukungan dari kami dalam mengangkat potensi industri kreatif dan kerajinan lokal di Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Raih Kategori B Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023

Sementara itu, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria menyampaikan bahwa momentum seperti ini menjadi wahana untuk menguatkan komitmen bersama dalam melestarikan kerajinan lokal sebagai warisan budaya.

Selain itu, menurutnya kerajinan lokal sebagai wujud perpaduan keterampilan dalam menciptakan suatu karya bernilai keindahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan.
“Selain bisa dinikmati oleh masyarakat, kerajinan ini harus terus dilestarikan, dikembangkan dengan berbagai inovasi untuk menjadi sebuah karya yang bernilai,” tukasnya.

Dalam Parade Mobil Hias, Kriya dan Budaya Dekranas 2024 tersebut, Dekranasda Kabupaten Bekasi ikut berpartisipasi dengan mengusung tema “Bangga Kriya dan Budaya”.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, serta turut hadir Ketua Umum Dekranas, Wury Estu Handayani Maruf Amin, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) serta pengurus Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin