Berita Bekasi Nomor Satu

Meski Kaya Manfaat, Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Kelapa

Air kelapa. Foto: ilustrasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI– Air kelapa telah lama dikenal sebagai salah satu minuman yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi. Namun sejatinya, air kelapa hanya berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Meskipun berkhasiat, perlu diwaspadai bahwa ternyata tidak sembarang orang boleh mengonsumsi air kelapa, alih-alih sehat malah bisa berakibat fatal. Berikut bahaya yang dapat ditimbulkan dari terlalu banyak minum air kelapa:

1. Diabetes

Air kelapa memang baik untuk dehidrasi dan meningkatkan stamina, tetapi minuman ini memiliki kadar gula yang tinggi yakni 6,26 gram. Oleh karena itu, penderita penyakit diabetes disarankan untuk menghindarinya karena bisa memicu peningkatan kadar gula dalam darah.

BACA JUGA:Mengenal Jenis Serat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

2. Alergi

Sama seperti beberapa bahan makanan lainnya, air kelapa juga bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang. Oleh karena itu, bagi penderita alergi terutama alergi kacang-kacangan disarankan menghindari air kelapa.

3. Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian, air kelapa memiliki kandungan natrium yang baik untuk dehidrasi, tetapi bisa berdampak buruk bagi yang memiliki masalah jantung. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit jantung disarankan untuk menghindari air kelapa.

4. Darah Rendah

Dalam dosis tertentu, air kelapa baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi akan berbahaya jika dikonsumsi penderita darah rendah. Oleh karena itu, penderita darah rendah disarankan untuk membatasi konsumsi air kelapa.

BACA JUGA:9 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, Memerangi Jerawat Hingga Alzheimer

5. Iritasi Usus Air

Kelapa juga bisa berfungsi sebagai obat pencahar alami yang mampu melancarkan pencernaan. Namun bagi penderita iritasi usus, air kelapa bisa memperparah kondisi iritasi sehingga disarankan untuk menghindarinya. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin