Berita Bekasi Nomor Satu

9 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, Memerangi Jerawat Hingga Alzheimer

Ilustrasi: Kayu manis. (Pexels)

RADARBEKASI.ID, BEKASI– Selain dikenal memiliki cita rasa yang khas, ternyata kayu manis memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak aneh, karena tumbuhan bernama latin cinnamomum verum ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin, serat, fasfor, hingga zat antioksidan. Berikut deretan manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh:

1. Antibakteri, antivirus, dan antijamur 

Cinnamaldehyde, komponen aktif utama kayu manis, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Cinnamaldehyde adalah minyak esensial yang ada di kulit kayu yang menunjukkan sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini dapat menghambat bakteri tertentu, seperti salmonela dan juga mengendalikan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

2. Kaya akan antioksidan

Antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif yang telah terbukti merusak sel dan berkontribusi terhadap hampir semua penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Kayu manis kaya akan antioksidan, seperti kolin, beta karoten, alfa-karoten, dan sebagainya. Kayu manis sangat kuat sehingga berfungsi sebagai pengawet makanan alami.

BACA JUGA:4 Manfaat Kesehatan Konsumsi Durian

3. Kelola diabetes tipe 2 

Insulin adalah hormon penting untuk mengontrol kadar gula darah dan mengatur metabolisme. Konsumsi kayu manis setiap hari meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengatur kadar gula darah. Ini memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan, yang mengakibatkan berkurangnya jumlah masuknya glukosa ke dalam sirkulasi.

4. Mengurangi peradangan

Kayu manis melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Cinnamaldehyde yang ada di dalamnya membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah trombosit darah menggumpal. Hal ini berguna dalam kondisi nyeri akut maupun kronis, seperti artritis. Selain itu, kayu manis juga meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong sirkulasi ke persendian yang sirkulasi darahnya terganggu.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamate yang dapat menurunkan aktivitas enzim pembuat kolesterol, sehingga mengurangi jumlah asam lemak dalam darah. Ini membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:3 Manfaat Kuliner Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

6. Menurunkan tekanan darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dikaitkan dengan penurunan tekanan darah jangka pendek. Ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang membantu mengurangi risiko masalah jantung.

7. Melindungi dari penyakit kanker 

Kayu manis memiliki sifat antikanker. Ini menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah pembentukan pembuluh darah pada tumor. Konsumsi kayu manis setiap hari memberikan tindakan perlindungan terhadap kanker, khususnya kanker usus besar.

8. Memerangi jerawat 

Kayu manis adalah yang terbaik untuk kesehatan kulit. Membantu mengurangi bakteri pembentuk jerawat. Untuk membuat masker jerawat, campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis bubuk hingga membentuk pasta. Biarkan di kulit selama 10 menit, lalu bilas.

BACA JUGA:Buka Puasa Mengonsumsi Gorengan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

9. Mengurangi gejala penyakit alzheimer dan parkinson 

Kayu manis adalah pelindung saraf yang membantu neuron dan meningkatkan fungsi motorik. Senyawa yang ditemukan dalam kayu manis menghambat pertumbuhan protein bernama Tau di otak. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin