Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Siapkan Lomba Kebersihan Tingkat RT

Kepala DLH Kabupaten Bekasi, Donny Sirait

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi bersiap menyelenggarakan lomba kebersihan tingkat RT. Kepala DLH Kabupaten Bekasi, Donny Sirait, mengungkapkan lomba kebersihan ini merupakan sebagai upaya untuk meningkatkan semangat gotong royong masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Budaya gotong royong yang hampir pudar akan ditingkatkan kembali melalui lomba kebersihan tingkat RT ini,” ungkap Donny, Senin (8/7).

Dalam lomba tersebut, tingkat RT akan dinilai berdasarkan keaktifan masyarakat dalam menjaga lingkungan, kebersamaan seperti gotong royong, dan keberadaan bank sampah.

Donny menjelaskan bahwa penilaian lomba kebersihan Tingkat RT akan dimulai dari pengurus RW, dilanjutkan ke tingkat desa, dan kemudian diadu di tingkat Kabupaten Bekasi. Dari 23 kecamatan, akan dipilih 2-5 RT yang diadu untuk kebersihan lingkungan.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Upayakan Silpa Lebih Kecil

“Jadi, meskipun nanti ada perwakilan kecamatan, yang dimajukan adalah perwakilan RT. Dengan demikian, kepedulian masyarakat terhadap lingkungan bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Donny menambahkan, RT terbaik dengan penilaian terbaik dalam kebersihan lingkungan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp25 juta sebagai juara umum.

“Nanti ada beberapa kategori juara. Namun, juara umum akan diberikan hadiah sebesar Rp25 juta kepada pengurus RT terbaik dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mensosialisasikan perlombaan kebersihan tingkat ini agar pengurus RT dan masyarakat mengetahui aturan main serta tim penilai kebersihan lingkungan.

“Saat ini belum dimulai. Beberapa hari ke depan kami akan berkumpul dengan tim. Jadi, bukan hanya Dinas Lingkungan Hidup yang menilai, tetapi juga dinas terkait yang akan menentukan penilaian untuk RT yang peduli akan kebersihan lingkungan,” ucapnya. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin