Berita Bekasi Nomor Satu

Jangan Dibuang! Ternyata Biji Pepaya Punya Banyak Manfaat, Bisa Cegah Penyakit Kanker

Ilustrasi biji pepaya. Foto: Hellosehat

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Tidak banyak orang yang menyadari bahwa biji pepaya sebenarnya dapat dimakan. Sama seperti daging buahnya, biji pepaya ternyata juga aman untuk dikonsumsi. Menariknya, biji ini mengandung serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat biji pepaya yang telah dibuktikan oleh penelitian.

1. Kaya Akan Antioksidan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal *Molecules* pada tahun 2017, biji pepaya mengandung mikronutrien penting, termasuk polifenol dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan hipertensi.

2. Mengatasi Keracunan Makanan

Mengonsumsi biji pepaya juga dapat membantu mengatasi keracunan makanan. Sebuah penelitian dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry (2017) menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya efektif dalam membunuh berbagai bakteri penyebab keracunan makanan, seperti E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus.

BACA JUGA:Dapatkan Perut Ramping dengan Konsumsi Buah Ini

3. Mencegah Infeksi Jamur

Penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa biji pepaya dapat mencegah infeksi jamur. Ekstrak biji pepaya terbukti efektif melawan beberapa jenis jamur, termasuk A. flavus, C. albicans, dan P. citrinium.

4. Menurunkan Kolesterol

Biji pepaya juga memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat, menjadi salah satu faktor penting. Penelitian dari Journal of Food Lipids (2005) mengungkapkan bahwa diet yang kaya asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL) secara signifikan pada pasien diabetes.

5. Mencegah Serangan Kanker

Manfaat biji pepaya lainnya adalah kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer (2014) menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Penelitian tambahan juga menemukan bahwa biji pepaya hitam memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. (ce1)