
RADARBEKASI.ID, CIKARANG – Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah menyebut Samsat Kabupaten Bekasi bisa jadi percontohan instansi lain yang memiliki fungsi pelayanan publik. Hal itu dikatakannya menanggapi salah satu Wajib Pajak (WP) yang merasa puas terhadap pelayanan di kantor Samsat tersebut.
Salah satunya Andi Suwandi. Ia mengaku merasa nyaman dan sangat terbantu saat mengurus pembayaran pajak tahunan sepeda motor pribadinya baru-baru ini.
“Sekarang pelayanannya bagus, rutinitas tahunan bayar pajak motor pasti selalu urus sendiri,” ungkap Andi.
Dikatakan, kantor Samsat yang unit STNK-nya dipimpin oleh AKP Inge Ajeng Larasati ini memiliki petugas dengan tingkat keramahan yang amat baik.
“Pas sampai sini langsung parkir, terus ke tempat foto copy (untuk foto copy STNK+BPKB+KTP) langsung minta formulir pengisian di loket atau petugas, ngisi data dll. Terus lanjut nunggu dipanggil, tinggal bayar beres dah, enggak ribet, kalau bingung tanya aja petugasnya ramah-ramah dan komunikatif banget kok serta tidak ada calo maupun pungutan liar (pungli),” ujar Andi.
Trubus Rahardiansyah menegaskan bahwa pelayanan terhadap WP yang diberikan oleh kantor Samsat yang berlokasi di Kecamatan Cikarang Utara ini layak ditiru oleh satuan kerja lain.
“Itu sudah sangat baik dan oke lah. Dapat dijadikan role model dan contoh bagi instansi lain yang punya fungsi pelayanan publik,” ungkap Trubus.
Trubus yang juga dosen Universitas Trisakti ini pun yakin pelayanan publik ramah dan bebas pungli yang ada tersebut tak lepas dari profesionalitas pimpinan dalam melakukan pembinaan ke jajaran petugas kantor Samsat Kabupaten Bekasi.
“Hal itu berasal dari adanya rutinitas dalam pembinaan SDM yang bagus serta penguatan sistem layanan yang profesional,” pungkas Trubus. (oke)











