Olahraga

Stadion Patriot Home Base Bali United

Piala AFC 2020

Stadion-Patriot
AFC: Stadion Patriot bakal digunakan Bali United sebagai home base mengarungi gelaran Piala AFC 2020. REIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi menjadi lokasi yang dipilih Bali United (BU) mengarungi gelaran Piala AFC 2020.

Kabar tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih. Pihaknya mengaku Stadion Patriot mulai digunakan sebagai home base Bali United pada Februari hingga April 2020.

”Untuk piala Liga Champions Asia AFC, Bali United sudah positif menjadikan PCB (Patriot Candrabhaga) sebagai home base mereka di bulan Februari, Maret dan April,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Zarkasih menambahkan, Stadion Patriot yang sudah menghelat beberapa pertandingan internasional ini juga akan dilakukan pembenahan.

Tahun ini akan ada penataan ruang VIP, ruang ganti pemain serta bench pemain, termasuk perbaikan atap dan media center. Tidak hanya itu, jalur evakuasi serta lapangan latihan juga menjadi bagian pembenahan. ”Semua itu sudah kita anggarkan,” tambahnya.

Perbaikan tersebut kata dia dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi.

Pasca-dipilihnya enam stadion oleh FIFA untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021, dan tidak masuknya Stadion Patriot menjadi pilihan diharapkannya tidak mengilangkan magnet stadion megah Kota Bekasi. Tahun 2020 ini selain Piala AFC stadion tengah dibidik sejumlah klub Liga 1.

Diketahui, Bali United harus menggunakan Stadion Patriot karena Stadion Kapten I Wayan Dipta akan direnovasi untuk pergelaran Piala Dunia U-20. Padahal, setelah menjadi juara, skuad besutan Stefano ’’Teco’’ Cugurra tersebut menanggung beban yang lebih besar. Selain mempertahankan gelar, mereka harus bisa bersaing di kompetisi Asia dan ASEAN.

Di kualifikasi Liga Champions Asia, Bali United masih ’’tertolong’’ karena tidak harus menjalani laga kandang dalam tiga pertandingan. Semua berstatus away. Pada babak I, Serdadu Tridatu akan bermain di Singapura melawan tuan rumah Tampines Rovers.

Jika gagal di kualifikasi Liga Champions Asia, otomatis Bali United akan masuk grup G AFC Cup zona Asia Tenggara. Ada tiga lawan yang tergabung di grup tersebut. Yakni, wakil Filipina Ceres Negros, wakil Vietnam Than Quang Nianh, serta pemenang antara wakil Laos dan Kamboja. Di ajang itu berlaku sistem home-away. (one/jpc)

Related Articles

Back to top button