Pendidikan

Membentuk Karakter Siswa lewat Pagi Dzikir

SMPN-7
MENGAJAR: Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 7 Kota Bekasi Yoyom Rustini, memberikan materi pembelajaran kepada siswa di dalam ruang kelas. Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMPN 7 Kota Bekasi menerapkan program Pagi Dzikir bagi seluruh siswanya dengan tujuan membentuk karakter kepribadian yang lebih baik.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 7 Kota Bekasi Yoyom Rustini mengatakan, sekolah tempatnya mengajar memiliki jumlah siswa yang cukup banyak dengan sifat yang tentunya berbeda-beda. Ada yang bandel juga pemalas.
”Melalui Pagi Dzikir ini, kita ini membentuk karakter siswa,” ujar Yoyom kepada Radar Bekasi, Senin (17/2).

Program pembiasaan ini diterapkan setiap Selasa dan Jumat pagi sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Dzikir berlangsung di halaman sekolah dengan dipimpin oleh guru mata pelajaran Agama Islam.

Selain dzikir, juga disi dengan ceramah singkat. Selain siswa, kegiatan yang berlangsung selama 30 menit ini juga diikuti oleh guru serta staff sekolah tersebut.

Yoyom mengungkapkan, program yang sudah berjalan selama kurang lebih enam tahun ini cukup efektif merubah karakter peserta didiknya menjadi lebih baik.
”Dengan adanya program ini sudah terlihat perubahan karakter siswa. Contohnya siswa lebih rajin untuk masuk ke sekolah, kemudian sifat-sifat buruk lainnya yang saat ini semakin berkurang,” katanya.

Ia berharap, karakter yang baik tersebut bisa diterapkan oleh siswa ketika dimanapun berada. ”Kita ingin karakter siswa yang baik juga bisa diterapkan di lingkungan sekolah maupun sosialnya agar mereka dapat menjadi anak yang soleh dan soleha,” pungkasnya. (dew)

Tags
Close