Pendidikan

Kantin Harus Perbanyak Hidangan Sayuran

ILUSTRASI
ILUSTRASI: Siswa terlihat berada di kantin. Kadisdik Jabar Dewi Sartika mengimbau keberadaan kantin di sekolah harus ditunjang dengan makanan yang sehat, seperti memperbanyak hidangan sayuran. Istimewa

Radarbekasi.id – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika mengimbau keberadaan kantin di sekolah harus ditunjang dengan makanan yang sehat, seperti memperbanyak hidangan sayuran.

”Anak-anak di Jabar kekurangan konsumsi sayur. Saya sudah pesan kepada kepala sekolah, makanan yang disajikan harus diperbanyak sayuran. Bukan makanan cepat saji yang mengandung banyak zat pengawet dan pewarna,” ungka Dewi dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar, kemarin.

Bukan tanpa alasan mengapa Kadisdik menekankan hal tersebut. Berdasarkan data Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center Institut Pertanian Bogor (IPB), konsumsi sayuran dan buah-buahan masyarakat Indonesia masih rendah, hanya 180 gram/kapita/tahun. Jumlah tersebut masih di bawah standar Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 400 gram/kapita/hari.

Sama dengan data yang dihimpun oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar. Dilansir dari tabloidsinartani.com, konsumsi sayur di Jabar per tahun hanya 42 kg/kapita/tahun. Sedangkan standar WHO dan FAO adalah 78 kg/kapita/tahun. ”Pemenuhan gizi anak itu penting,” tegas Kadisdik.

Selain itu, lanjutnya, halaman/lingkungan sekolah yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kebun tanaman hidroponik. ”Jadi, bisa menghasilkan sayuran sendiri di sekolah,” tambahnya.

Melalui kantin, Kadisdik berpesan kepada manajemen sekolah untuk bisa menyejahterakan masyarakat di lingkungan sekolah. Sehingga, harus ada regulasi dan ketentuan yang dibuat agar tujuan tersebut dapat tercapai. (oke/tim)

Tags
Close