Pendidikan

Bentuk Siswa Berkarakter dan Berakhlak Mulia

SDN-Kayuringin-Jaya-1
MENGAJI ALQURAN: Salah satu guru Agama SDN Kayuringin Jaya 1 Kota Bekasi mengajarkan siswanya mengaji Alquran di dalam ruang kelas.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SDN Kayuringin Jaya 1 Kota Bekasi menerapkan program salat Duha berjamaah untuk membentuk siswa berkarakter dan berakhlak mulia.

”Program ini diterapkan sebagai bentuk dukungan program pemerintah yaitu pembentukan karakter dalam diri siswa juga sekolah menginginkan siswa yang berakhlak mulia,” ujar Kepala SDN Kayuringin Jaya 1 Kota Bekasi Dian Indah Parasututi, kepada Radar Bekasi, Rabu (19/2).

Lebih lanjut, dikatakannya, salat Duha berjamaah baru berjalan selama tiga bulan di sekolah yang dipimpinnya. Melalui program tersebut, juga dapat membentuk sikap disiplin pada diri siswa.

”Dengan program ini kita ingin siswa sejak dini memiliki arah dan tujuan yang baik,” katanya.

Selain itu, program yang juga diikuti oleh guru ini sebagai ajang silaturahmi. Ia berharap, program pembiasaan ini akan terus dijalankan bagi seluruh warga di lingkungan sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Guru pembimbing program salat Duha berjamaah Ruhaendi menyampaikan, salat Duha berjamaah dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada Jumat sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

”Pelaksanaannya selama kurang lebih 30 menit. Salat Duha berjamaah dan memanjatkan doa,” ujar salah satu guru Agama Islam ini.

Khusus kelas 1 dan 2, siswa masih diberikan bimbingan oleh guru. Meskipun belum lama diterapkan, program ini telah mampu memberikan dampak yang cukup positif.

”Salah satu dampak positif yang sudah terlihat sampai saat ini diantaranya siswa lebih tertib ketika berada di ruang kelas,” pungkasnya. (dew)

Tags
Close