Pendidikan

Wajibkan Siswa Salat Duhur dan Asar Berjamaah

Radarbekasi.id – SDN Jatiasih VIII Kota Bekasi mewajibkan seluruh siswanya melaksanakan salat Duhur dan Asar berjamaah di sekolah. Program ini merupakan pembentukan karakter peserta didik.

Kepala SDN Jatiasih VIII Kota Bekasi Syamsudin mengatakan, program salat Duhur dan Asar berjamaah bagi siswa baru efektif berjalan selama satu tahun. Sebelumnya, pihak sekolah hanya mewajibkan siswa mengikuti salat Duha berjamaah.

”Salat berjamaah ini baru banget diterapkan di sekolah, sebelumnya sudah diterapkan tapi belum kita fokuskan. Di tahun ajaran baru kemarin kita mulai sosialisasikan program tersebut kepada siswa juga wali murid untuk menjadi salah satu program baru yang wajib kita laksanakan,” ujar Syamsudin kepada Radar Bekasi, Senin (24/2).

Meskipun terbilang belum lama diterapkan, program ini telah memberikan dampak positif bagi siswa sekolah dengan dua shift tersebut. Terbukti, kini tanpa diminta siswa sudah melaksanakan salat berjamaah.

”Alhamdulillah banyak perubahan yang positif yang ditunjukan siswa kita, salah satu contoh bukan lagi kita yang mengajak mereka untuk salat malah justru mereka yang mengejar-ngejar kita untuk cepat melaksanakan salat berjamaah. Kemudian siswa juga terlihat lebih tertib dan juga mudah untuk diatur,” tuturnya.

Syamsudin mengaku, selalu menginformasikan kepada seluruh siswa bahwa pahala melaksanakan salat berjamaah lebih besar dibandingkan sendiri. Diharapkan, hal ini menjadi suatu kebiasaan siswa ketika berada di luar lingkungan sekolah.

”Kita juga mengajarkan siswa kalau salat berjamaah itu nilai kebaikannya lebih besar. Kemudian kita juga mengingatkan seluruh siswa agar melakukan hal yang serupa ketika berada di rumah,” pungkasnya. (oke)

Related Articles

Back to top button