Berita Bekasi Nomor Satu

Warga Burangkeng Minta Perhatian Pemkab

Sampah
ILUSTRASI: Sejumlah petugas mengangkut sampah di TPA Burangkeng, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu. MUHAMMAD HARI
Sampah
ILUSTRASI: Sejumlah petugas mengangkut sampah di TPA Burangkeng, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu. MUHAMMAD HARI11

Radarbekasi.id – Warga Desa Burangkeng meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi melakukan langkah pencegahan penyebaran Corona di wilayah setempat.

Salah satu warga, Rido mengatakan, sejumlah warga yang berada di sekitar TPA Burangkeng khawatir dengan kasus Corona. Mereka meminta Pemkab Bekasi turun langsung di wilayah tersebut.

”Semua terlihat biasa saja di sini, tak ada langkah apapun dari tim untuk lakukan door to door ke rumah-rumah warga,” katanya, Senin (16/3).

Di tempat yang sama, Ketua Penggerak Pemuda di sekitar TPA Burangkeng (PRABU-PL), Carsa Hamdani menyampaikan, risiko kesehatan dan dampak lingkungan sekitar TPA Burangkeng ini perlu perhatian khusus.

”Ini harus menjadi concern untuk pemda setempat atau Pemerintah Pusat, agar lebih memprioritaskan fasilitas kesehatan bagi warga Desa Burangkeng. Hal ini agar kesehatan warga terpantau secara intensif karena tinggal di dekat TPA,” tegas Carsa.

Dia menyebut dalam pasal 14 Undang-Undang 36 tentang Kesehatan dinyatakan bahwa Pemerintah bertanggung jawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat.

”Dan ini harus menjadi pedoman, mengingat di sekitar TPA Burangkeng sangat rentan dengan berbagai penyakit disebabkan adanya gunungan sampah dan jutaan lalat yang bertebaran dan hinggap ke rumah-rumah warga, dan kita semua tau bahwa lalat itu sendiri merupakan salah satu faktor penyebar berbagai macam penyakit,” pungkasnya.(mhf/pms)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin