Politik

Parpol Diminta Bantu Warga

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Partai politik (parpol) diminta berperan aktif membantu pencegahan penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) dengan memberikan bantuan yang memang dibutuhkan masyarakat.

Pengamat Politik Bekasi, Adi Susila mengatakan, bantuan tersebut menjadi bukti kepedulian parpol kepada masyarakat. “Saya kira ini momentum yang sangat bagus untuk menunjukan bahwa dia (parpol) membela rakyat,” ujar pria yang merupakan ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Administrasi Negara Unisma Bekasi ini, Minggu (12/04).

Dia mengatakan, dalam memberikan bantuan, akan lebih elok jika parpol tidak menggunakan anggaran negara. Melainkan, dari anggaran masing-masing parpol.

“Kalau itu anggaran negara seperti aspirasi yang dialihkan untuk memberikan bantuan atas nama partai, itu bisa dibilang kepentingan politik, karena itu anggaran negara. Tapi misalkan menggunakan anggaran pribadi, itu bagus banget,” tuturnya.

Dia menambahkan, saat ini pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Bekasi telah disetujui. Dalam pelaksanaannya, PSBB membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sehingga, pihak-pihak terkait perlu bahu-membahu dan bergotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak kebijakan tersebut.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada, lanjut Adi, tentu dapat direalokasikan untuk percepatan penanganan Covid-19.

Menurut Adi, penggunaan anggaran tersebut juga harus diawasi. “Saran saya yang terpenting disini keterbukaan, sepanjang terbuka masyarakat bisa mengawal, karena enggak berbahaya,” sambungnya. (pra)

Related Articles

Back to top button